Kampanye Bijak Sosial Media dalam Komunikasi Kesehatan Reproduksi Remaja

 
  img_0145

BANDUNG – Jumat (16/9/2016), barudak SMAN 20 Bandung kedatengan tamu spesial, yaitu tim dosen dari Prodi Hubungan Masyarakat (Humas) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad), beserta perwakilan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Jawa Barat. Rupanya tim dosen Fikom Unpad bekerja sama dengan BKKBN hadir di SMAN 20 dalam rangka melakukan kampanye literasi media yang dikasih ngaran, “Bijak Sosial Media dalam Komunikasi Kesehatan Reproduksi Remaja”. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 46 orang siswa SMAN 20 yang merupakan perwakilan kelas X dan XI ini, para siswa diberikan materi tentang kesehatan reproduksi oleh tim BKKBN dilengkapi materi literasi media online oleh dosen Fikom Unpad.

img_0067img_0114

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 20 Bandung, Ibu Yeni Gantini, yang menyatakan bahwa kegiatan ini adalah perwujuduan kerja sama antara SMAN 20 dengan Fikom Unpad. “Saya harap kerja sama dengan Fikom Unpad tidak berhenti di sini, tapi bisa berlanjut dengan kegiatan lain,” jelas Bu Yeni dalam sambutannya. Selesai sambutan Bu Yeni, giliran Ibu Susanne Dida, perwakilan Fikom Unpad yang memberikan beberapa pengantar mengenai kegiatan yang akan dilakukan. Bu Susanne menjelaskan mengenai rincian acara hari itu, diteruskan dengan sambutan dari Ibu Della, selaku Analis Bina Ketahanan Remaja BKKBN Jabar. Sesi seremonial diakhiri dengan pemberian cindera mata dari Fikom Unpad kepada SMAN 20 dan BKKBN selaku rekanan kegiatan ini.

Beres seremonial pembukaan, barudak SMAN 20 mendapatkan materi dari Kang Aldi, mahasiswa UIN Sunan Gunung Jati dan Ibu Novi, dosen Fidkom UIN Sunan Gunung Jati. Keduanya hadir sebagai perwakilan BKKBN selaku Pusat Informasi Konseling. Materi dari mereka berdua adalah tentang kesehatan reproduksi dan program GenRe, generasi berencana dari BKKBN. Serunya, dalam sesi ini, barudak 20 yang hadir nggak sekedar diberikan materi kesehatan reproduksi, namun juga dilibatkan dalam sejumlah permainan. Diantaranya adalah permainan yang mengilustrasikan tentang perkembangan usia remaja, di mana memang sudah mulai muncul ketertarikan dengan lawan jenis dan bagaimana kamu kudu menyikapinya. Buat barudak 20 yang beruntung, mereka ngedapetin T-shirt dan tumbler lucu dari BKKBN.

Pada sesi terakhir, giliran Kang Syauqy, dosen prodi Humas Fikom Unpad yang ngasih materi tentang bijak bersosial media. Kang Syauqy mencontohkan beberapa fenomena kekinian di mana banyak user internet kurang bijak dalam mengunggah konten-konten di media sosial. Misalnya fenomena Aw Karin dan Anya Geraldine yang fenomenal. Intinya pada materi ini, Kang Syauqy ngejelasin gimana seorang remaja yang baik kudu pinter-pinter dalam mengelola reputasinya di sosial media, apalagi yang berhubungan dengan komunikasi kesehatan reproduksi.

Acara ditutup dengan kegiatan foto bareng dan sejumlah sesi tanya jawab. Tim Fikom Unpad sempet bagi-bagi ‘kado’, dua buah flash disk buat sejumlah siswa yang aktif dalam kegiatan ini. Menurut Azhar Nabila, dari X IIS 1, acara yang diadakan ini bagus banget, namun dia menyayangkan hanya sebagian perwakilan siswa saja yang dilibatkan. “Kalau bisa sih, semuanya bisa dapet materinya. Bagus lho,” ungkap Azhar. Selain Azhar, M. Nashir dari X MIA 5 berujar bahwa dengan kegiatan ini, para pesertanya jadi lebih tercerahkan soal bijak sosial media dan tahu banyak tentang kesehatan reproduksi. “Iya kita jadi lebih tahu, kalau sebelumnya kan suka susah untuk ngebahas yang seperti ini,” jelasnya. (Syauqy Lukman, dimuat di H.U. Pikiran Rakyat, Selasa, 20 September 2016)