Keliling Dunia di Festival Budaya Fikom Unpad 2016

 
Fesbud-2

Stand Aceh (Foto Andini PP)

 

JATINANGOR – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran kembali menggelar Festival Budaya pada 1 Juni 2016 di Lapangan Futsal Fikom Unpad. Acara yang menjadi agenda tahunan Fikom Unpad ini merupakan ujian akhir untuk mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2014, Manajemen Komunikasi angkatan 2014, Jurnalistik angkatan 2015 dan mata kuliah Humas Multikultural bagi mahasiswa Hubungan Masyarakat angkatan 2015.

Festival dengan tema Engaging Globalization a Gateway to Global Competition ini menampilkan sebanyak 28 kebudayaan, baik dalam maupun luar negeri. Kebudayan tersebut antara lain: Papua, Jawa, Minang, Bali, Aceh, Batak, Sunda, Dayak, Bugis, Cina, Thailand, UAE, India, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Mesir, Rusia, Belanda, Jerman, Italia, UK, USA, Afrika Selatan, Brazil, Turki, Yunani dan Australia.

Fesbud-1

Salah satu penampilan budaya daerah Indonesia (Foto Andini PP)

Seluruh kelompok telah mempersiapkan banyak hal dalam merepresentasikan budaya dari daerah dan negara yang mereka wakili dengan mengenakan pakaian tradisional, menghias booth mereka sekreatif mungkin, serta menampilkan kebudayaan dalam bentuk tarian atau drama yang dikemas secara menarik. Selain itu, mereka juga menyediakan makanan dan minuman khas dari masing-masing kebudayaan seperti pavlova dari Australia, pasta dari Italia dan lappet khas Batak dari Sumatera Utara.

Festival yang diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa ini dimulai dengan pawai mengelilingi kampus Fikom Unpad. Acara dibuka oleh Dekan Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat Hidayat,S.Sos, SH, MSi dilanjut dengan penampilan dari setiap kebudayaan yang disambut meriah oleh pengunjung. Pada festival ini, dosen-dosen pengampu mata kuliah merangkap sebagai juri yang akan menilai penampilan dari setiap kelompok, menilai keunikan booth, kekompakan kelas dan kecakapan seluruh peserta terutama ambassador dalam merepresentasikan budayanya.

Penghargaan Penampilan Terbaik diraih oleh kebudayaan Aceh (Mankom 2014), Stand Terbaik oleh kebudayaan Thailand (Humas 2015), Kelompok Terkompak oleh kebudayaan Jawa (Jurnal 2015), Ambassador Terbaik oleh kebudayaan Bali (Ilkom 2014) dan Juara Umum diraih oleh kebudayaan Australia (Ilkom 2014). Acara ditutup oleh Dekan Fikom Unpad Dr.Dadang Rahmat Hidayat,S.Sos, SH, MSi, dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh peserta dan sejumlah dosen Fikom Unpad.

Perwakilan dosen pengampu mata kuliah Humas Multikultural, Dr. Evi Novianti, M.Ikom berharap dengan dilaksanakannya festival ini mahasiswa dapat mentransfer nilai-nilai kebudayaan yang telah dipelajari, meningkatkan kreativitas, dan terbuka terhadap perbedaan-perbedaan yang ada di sekitar mereka. (Andini Putri Pamungkas)