Kementerian Kominfo Jajaki Kerjasama dengan Fikom Unpad

 

Kominfo-1JATINANGOR – Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menjajaki kerjasama dengan Fikom Unpad di bidang peranan komunikasi dan kehumasan di Indonesia. rombongan Kementerian Kominfo yang berjumlah 15 orang diterima langsung oleh Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, MA., Ph.D didampingi oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Korprodi Jurnalistik, Korprodi Humas, Kepala P2K2M, Kepala UPT Humas dan Kepala UPT Kerjasama Fikom Unpad di ruang Oemi Abdurrahman Jum’at, 06 Maret 2015 lalu.

 

Menurut Dirjen IKP Kementerian Kominfo/Ketua Umum Bakohumas Pusat, Freddy H. Tulung kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan kerjasama antara kedua lembaga pemerintahan di bidang pendidikan dan penelitian, khususnya terkait dengan rangkaian agenda pelaksanaan penyambutan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Bandung, April mendatang.

 

Dekan Fikom Unpad menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan pihak Kominfo, Fikom Unpad dipilih sebagai partner kerjasama pihak kementerian Kominfo pada tahun ini. “Tidak salah, apabila Kementerian Kominfo memilih Fikom Unpad sebagai partner kerjasama penyelenggaraan suatu kegiatan di bidang komunikasi, karena Fikom Unpad secara reputasi sudah sangat meyakinkan dengan diraihnya The Best School of Communication selama 5 tahun berturut-turut sejak 2010 – 2014 dari pihak publik eksternal yaitu Majalah Mix Marketing”, tutur Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana.

 

Lebih lanjut, Freddy mengatakan kementerian Kominfo sebagai jurubicara pemerintah pusat mempunyai kepentingan untuk selalu dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan berbagai unsur masyarakat, salah satunya lembaga penyelenggara pendidikan ilmu komunikasi dalam upaya memperkuat berbagai profesi komunikasi dari sisi regulasi, diantaranya profesi kehumasan di lembaga pemerintahan.

 

“Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo tentang jumlah PNS yang berstatus sebagai pranata humas di lembaga pemerintahan pusat dan daerah sebanyak 783 orang dengan rincian 537 orang berada di tingkat pusat dan 236 orang di tingkat daerah. Hal ini merupakan suatu peluang dan masalah tersendiri bagi profesi humas dalam upaya meningkatkan kompetensinya seeta begitu luasnya cakupan pekerjaan pranata humas di lembaga pemerintahan”, ujar Freddy.

 

Kooordiantor Prodi Jurnalistik Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos, SH. selaku moderator sekaligus fasilitator dalam pertemuan ini menyatakan, inti kunjungan rombongan Dirjen IKP Kemenkominfo ke Fikom Unpad yaitu untuk menjalin kerjasama penyelenggaraan kegiatan Focus Group Discussion (FGD), kuliah umum dan talkshow seputar penyambutan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Bandung yang melibatkan berbagai kelompok kepentingan secara nasional maupun internasional. (ARN)