KGF Fikom Unpad Perkenalkan Printer 3 Dimensi.

 

KGF-Printer-3D-editJATINANGOR – Unit kegiatan mahasiswa Kelompok Grafis Fikom (KGF) bekerja sama dengan Laboratorium Grafika Fikom Unpad dan distributor alat tulis dan elektronik ternama, PT. Datasript, Sabtu (18/4) menggelar rangkaian kegiatan guna memperkenalkan dan mendemonstrasikan penggunaan printer tiga dimensi.
Rangkaian kegiatan yang digelar di Laboratorium Grafika, Gedung Pascasarjana dan Ruang Oemi Abdurachman Fikom Unpad Jatinangor ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berkreasi menggunakan digital printing. Selain itu, lewat workshop ini, mahasiswa diharapkan mendapat bekal dalam digital skill dan digital painting.
Rangkaian kegiatan ini terdiri dari seminar tentang manfaat menggambar secara digital dan cara-cara digital painting serta dua workshop pada Jum’at (17/4) dengan materi digital printing dan Sabtu (18/4) dengan materi digital imaging.
“Teknologi printer tiga dimensi ini amat berguna dalam perkembangan di bidang teknologi industri, sipil dan bangunan, pemetaan kontur daratan, kesehatan, dan bidang lainnya,” ujar Arif, pembicara dari PT. Datascript untuk seminar dan workshop. Contohnya, pada bidang sipil, printer ini bisa membuat dummy bangunan. Pada bidang kesehatan, printer ini bisa membuat dummy penampang gigi dan gusi. Pada bidang komunikasi, teknologi ini amat membantu dalam proses pembuatan logo produk atau logotype. Semua dengan cara yang sangat praktis.
“Zaman sekarang, banyak sekali pekerjaan dan peluang yang memanfaatkan kemampuan menggambar digital,” ujar Ketua KGF, Lina Kamila. Wanita yang sedang menuntut ilmu di jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Fikom Unpad ini menyimpulkan, acara ini pasti bermanfaat buat mahasiswa ilmu komunikasi.(Dina Gurning)