Konferensi Internasional Media and Transformation in Germany and Indonesia: Dynamics and Regressions in Global Perspective

 

Kolaborasi antara Universitas Padjadjaran dan University of Erfurt, Germany, Jatinangor, 1 – 3 November 2017

Sebagai bagian dari program Higher Education Dialogue with the Muslim World yang disponsori oleh DAAD (German Academic Exchange Service), Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran dan Department of Media and Communication Science, University of Erfurt, Germany akan menyelenggarakan konferensi internasional dengan tema Media and Transformation in Germany and Indonesia: Dynamics and Regressions in Global Perspective. Program ini merupakan bagian dari kerja sama antara kedua institusi yang dimulai sejak tahun 2015.

Pada tahun 2015 dan 2016, kedua institusi pendidikan telah mengirimkan delegasi mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan penelitian dan kunjungan ke masing-masing universitas di Indonesia dan Jerman. Kegiatan tersebut mengangkat tema Media Systems and Communication Cultures in Comparative Perspective dengan empat fokus tema: Media and Political Transformation, Media Representation and Racism, Internet and Counter-Public Sphere, dan Popular Culture and Democracy.

Memasuki tahun ketiga, kedua universitas sepakat untuk menyelenggarakan konferensi internasional di Kampus Fikom, Unpad, Jatinangor yang tetap berfokus pada empat tema di atas. Dibuka langsung oleh Rektor Unpad Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad dan Dekan Fikom Dr. Dadang R. Hidayat, S.Sos., SH., M.Si., konferensi ini direncanakan menghadirkan Dr. Ir. Pramono Anung, M.M. yang akan memberikan special opening remarks. Konferensi ini bertujuan meningkatkan pemahaman antar kedua negara melalui dialog kultural dengan mengkaji jenis dan pola komunikasi publik dalam perspektif bersama (shared perspective). Dalam konferensi ini, akan ditandatangani kesepakatan kerjasama (Memorandum of Understanding) antara kedua universitas yang akan mengikat dalam waktu 5 tahun kedepan untuk kegiatan riset dan pengajaran bersama.

Pembicara dari Jerman yang akan hadir adalah Prof. Dr. Kai Hafez dan Dr. Anne Grüne dari University of Erfurt, sementara Sabrina Schmidt, M.A. (Uni-Erfurt) akan memberikan presentasinya dari Jerman melalui alat bantu video; Prof. Dr. Martin Löffelholz dan Mira Rochyadi-Reetz, M.T., M.A. dari Ilmenau University of Technology; Prof. Dr. Oliver Hahn dari University of Passau; Prof. Dr. Margreth Lünenborg dari Free University of Berlin; dan Prof. Dr. Jeffrey Wimmer dari University of Augsburg. Satu pembicara dari Mesir yang akan hadir adalah Prof. Dr. Randa Aboubakr dari Cairo University. Pembicara dari Indonesia adalah Dr. Ade Armando, M.Sc. (UI), Ratna Noviani, Ph.D. (UGM), Dr. Irwansyah, M.A. (UI), Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A. (ITB), dan Subekti W. Priyadharma, M.A. (Unpad). Moderator acara ini dari pihak Indonesia adalah Nunik M. Hartoyo, M.Comn&MediaSt.(Unpad) dan Centurion Priyatna, Ph.D. (Unpad). Konferensi juga akan dihadiri oleh dosen-dosen dari perguruan tinggi di Indonesia yang juga berpartisipasi dalam proses diskusi (round table discussion).

Selain konferensi yang melibatkan para ahli di bidang media dan komunikasi dari Indonesia, Jerman, dan Mesir, ada satu sesi bagi 20 akademisi muda Indonesia yang sedang menempuh studi doktoral (S3) untuk mempresentasikan proyek disertasinya dan mendapatkan tanggapan dari pada ahli. Sesi yang dinamakan emerging scholars workshop tersebut juga mengacu pada empat fokus tema seperti yang sudah dijabarkan di atas. Informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat dilihat di situs web mat.fikom.unpad.ac.id. (*)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu