Konsep dan Tampilan Memukau, Tim Mahasiswa Fikom Unpad Juara I Creation Festival

 

Kujang-Ranger-edit-1aSURAKARTA – Dengan konsep dan tampilan yang memukai, Tim Mahasiswa Fikom Unpad berhasil menjadi Juara Pertama Integrated Marketing Competition dalam Creation (Creative Communication) Festival 2015, yang diselenggarakan oleh Himakom Fisip UNS Solo. Tim Fikom mengalahkan lima finalis lainnya dari berbagai universitas.
Creation Festival adalah kegiatan tahunan Himakom UNS Solo. Tahun ini adalah kegiatan tahun ketiga dengan tema “Brand is Everywhere”. Untuk pelaksanaan tahun ini, para finalis dari universitas terkemuka di Indonesia diminta untuk membuat konsep komunikasi tentang Kota Solo yang dinilai kurang berkembang dalam sektor pariwisatanya. Solo terlihat melempem, terkalahkan oleh kota-kota lainnya di Indonesia maupun di tingkat Jawa Tengah dan sekitarnya. Padahal tahun ini saja di Solo sedang dibangun 36 hotel baru.
Tim “Kujang Ranger” dari Fikom Unpad mencoba membuat konsep untuk membenahi citra Solo agar menjadi destinasi para wisatawan. Berbeda dengan tim finalis lainnya Tim Fikom Unpad tetap mempertahankan Solo sebagai “Spirit of Java”. Lemahnya solo di bidang wisata, menurut Tim Kujang Ranger akibat adanya “kebingungan komunikasi”. Tim ini pun memberikan konsep dengan membuat rebranding, dari obyek wisata ke kampanye “Wisata Momen”, yakni memberikan konsep komunikasi dimana Solo adalah kota yang aman, tenang dan bebas macet. Konsep inilah yang tidak dimiliki kota lain yang biasanya macet dan semrawut lalu lintasnya.
Tim “Kujang Ranger” juga mengusulkan konsep Solo sebagai kota Business CEO & Government Meeting. Ini berangkat dari Solo kota yang aman, tenang dan bebas macet, serta saat ini tengah dibangun 36 hotel baru. Dengan semakin banyaknya event pertemuan para pebisnis dan pemerintahan, diharapkan wisata Solo akan lebih menggeliat lagi.
Selain konsep yang dipuji oleh Tim Juri, penampilan Kujang Ranger saat presentasi dinilai unik karena mereka tampil dengan bentuk role-playing dengan penampilan pebisnis, anak muda dan wisatawan. Bahkan diantara mereka tampil dengan ransel di punggung. Sedangkan tim universitas lain, tampil konvensional dengan baju formal batik dan pakaian tradiosional Jawa. Bentuk role-playing dalam presentasi selama 15 menit ini pun meraih simpati juri sehingga mereka berhasil meraih Juara 1.
Kompetetisi Integrated Marketing Communication (IMC) ini diikuti oleh 12 Tim dari 10 perguruan tinggi. Mereka adalah Universitas Atmajaya Yogyakarta, UNS Solo, Unair, UMY, UMM, Undip, STAN, UII dan Unpad. Yang masuk sebagai finalis adalah UAJY, Unpad, UNS, Unair dan UMY.
Selain Fikom Unpad sebagai juara 1, tampil sebagai juara 2 UAJY, dan Juara 3 Unair. Tim Unpad dinilai memiliki konsep dan penilaian yang kreatif. Tim Kujang ranger dari Fikom Unpad ini terdiri dari M Ihza Muzakki, Razni M Mahardika, Faiz Angger Kusuma, Nevaya dan Luthfia Erfira DPC. Mereka adalah gabungan mahasiswa Prodi Manajemen Komunikasi (Mankom) dan mahasiswa Prodi D3 Kehumasan. Selama lomba berlangsung tim Fikom Unpad ini didampingi oleh Ketua P2K2M Fikom Unpad, FX Ari Prastowo,MSi (AA).