Kuliah Umum Fikom Unpad, “Branding dan PR Menggunakan Platform Serial Televisi”

 

   

JATINANGOR – Program Studi S1 Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Kuliah Umum “Branding dan PR Menggunakan Platform Serial Televisi“ dengan pembicara Firliady Kusmara Senior Vice President Operational TV Production MNC Pictures. Filriady, alumni prodi Humas Fikom Unpad angkatan 1995, diundang menjadi pembicara kuliah umum pada Kamis (25/10/2018), bertempat di Gedung 4 Lantai 3 Fikom Unpad Jatinangor. Peserta kuliah umum ini berjumlah 212 orang mahasiswa terdiri dari mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat semester V dan mahasiswa Prodi Televisi dan Film. 

Kuliah umum ini dibuka oleh sambutan  Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si. dosen Program Studi Hubungan Masyaraka. Pesan dan harapan juga disampaikan kepada mahasiswa peserta kuliah umum agar menyimak serta mengikuti dengan baik sehingga dapat menyerap ilmu dari pembicara yang merupakan praktisi media televisi.

Adapun selaku moderator kuliah umum adalah   Syauqy Lukman, MSM., dosen Program Studi Hubungan Masyarakat dan juga Kepala Laboratorium Hubungan Masyarakat Fikom Unpad.

Firliady Kusmara mengawali kuliah umumnya dengan tayangan cuplikan Sinetron Dunia Terbalik, Preman Pensiun dan Iklan-Iklan hasil karya Production House (PH) yang dipimpinnya, kemudian dilanjutkan dengan bahasan materi tentang rangkaian proses produksi tayangan serial TV dari Production House dan aktivitas manajemennya. Dikatakan bahwa hal-hal yang wajib diperhatikan dalam manajemen Production House antara lain secara sederhananya adalah aspek pra-produksi, produksi, dan paska produksi dengan sejumlah aktivitas yang perlu diperhatikan

Yang menarik dari pemaparan Filriady, adalah pembuatan sinetron maupun iklan yang sudah sangat beragam bentuknya. Filriady menampilkan trailer sinetron andalan dari rumah produksi MNC Pictures, yaitu “Dunia Terbalik”, selain juga menayangkan beberapa format iklan yang kini sudah mulai menginvasi konten sinetron lewat berbagai bentuk product placement.

Sesi tanya jawab berlangsung dengan menarik, di mana pertanyaan seputar pengelolaan acara TV, aktivitas branding dan iklan di serial TV ditanyakan oleh sejumlah mahasiswa prodi TV Film dan prodi Humas. Satu pertanyaan yang menggelitik adalah tentang keberpihakan TV Swasta sehubungan dengan aktivitas politik dari pemiliknya, sesuatu yang juga identik dengan MNC Group, tempat Filriady bekerja. Filriady menjelaskan bahwa hal tersebut tidak terhindarkan, namun ada aturan dan etika yang harus dipatuhi oleh stasiun TV, di mana netralitas dan obyektivitas konten terkait partai politik tertentu harus tetap diperhatikan, dan tetap mengimbanginya dengan pemberitaan partai politik lain.

Kuliah umum ini ditutup oleh Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat dengan penyerahan cendera mata dan diakhiri dengan foto bersama peserta dengan pemateri kuliah umum. (Suwito, SL)

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat