Kuliah Umum Fotografi Bersama Air Foto Network

 

galih-sedayu-1-edit

JATINANGOR- Laboratorium Fotografi Fikom Unpad berkolaborasi dengan Air Foto Network (AFN) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi Kampus (Fokus) mengadakan kuliah umum fotografi di Laboratorium Fotografi Fikom Unpad pada Kamis (8/12) siang. Materinya adalah pemahaman visual foto, pencahayaan dasar studio hingga praktik memotret. Sebagian besar mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Media (MPM) menghadiri kuliah ini sebagai pengganti kelas Desain Komunikasi Visual (DKV).

Ada dua tutor dari AFN yaitu Galih Sedayu yang memaparkan tentang visual foto dan Ruli Suryono yang mengajarkan pencahayaan dasar studio. Keduanya sudah puluhan tahun menggeluti bidang fotografi professional. Galih memperlihatkan beberapa foto termahal di dunia, memaparkan berbagai macam aliran fotografi, hingga proses memotret yang baik.

“Memotret bagaikan memasak, kita harus memilah komposisi terbaik untuk menghasilkan karya yang sedap dipandang. Maka, kita harus menentukan tema dari foto-foto kita, mencari subjek yang sesuai dengan tema, barulah kita eksekusi,” terang Galih (40) dalam kuliah tersebut.

Sesi kedua dilanjut oleh Ruli Suryono. Ia menjelaskan teknik-teknik dasar pemotretan seperti setelan shutter speed, aperture dan ISO yang mempengaruhi pencahayaan dalam foto. Ruli kemudian memakai  beberapa lighting yang disediakan laboratorium fotografi lalu mengajarkan cara pemakaiannya untuk memotret sebuah produk. Peserta kuliah pun dipersilakan untuk mencoba memotret dengan lighting studio profesional. Kemudian sesi ditutup dengan foto bersama.

“Materi yang dipaparkan cukup jelas, asik dan tidak membosankan. Saya senang tutornya mengajarkan kami fotografi dasar karena memang saya sendiri sedang belajar memotret,” jawab mahasiswa D4 MPM Winny (18) saat ditanya mengenai kesannya selama menghadiri kuliah.

Berbeda dengan Winny yang lebih senang mendapatkan materi tentang fotografi dasar, peserta lainnya yang juga merupakan anggota Fotografi Kampus (Fokus), Yerica mengaku  ingin diajari tentang advance photography.

“Kuliah ini sangat bermanfaat untuk saya yang memang menyukai fotografi. Saya berharap AFN bersedia kemari lagi dan mengajarkan kami tentang advance photography, soalnya hari ini yang diajarin basic photography,” pungkas Yerica (20). (Dwiarti Rizky FG)

 

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu