Kuliah Umum Komunikasi Bisnis dalam Dunia Public Relations.

 
Kuuliah Umuum Tim Trans Studio (Foto Rofi)

Kuuliah Umuum Tim Trans Studio (Foto Rofi)

JATINANGOR – Rabu (17/9) Ruang Oemi Abdurrahman Fikom Unpad kembali dipadati oleh mahasiswa dari Prodi Hubungan Masyarakat yang mengikuti kuliah umum dari Tim Marketing Communication Trans Studio Bandung. Pemateri kuliah umum ini adalah para alumni Fikom Unpad, antara lain Triya Fillia Santi dari bagian Public Relations Agus bagian event, dan Rama dari bagian Promotion. Kuliah umum ini dibuka oleh Wakil Dekan II Fikom Unpad Dr. Susanne Dida,MM. Acara dipandu oleh Aang Koswara, M.Si selaku Koordinator Humas Fikom Unpad.

 
“Kuliah umum ini adalah bukti bahwa bekal ilmu dari Fikom Unpad dapat diaplikasikan pengembangannya di dunia kerja,” papar Susanne Dida saat membuka acara ini.

 
Triya Fillia Santi membagi pengalaman kerjanya sebagai seorang PR di “one of the biggest indoor theme parks in the world”. Triya mengaku pelajaran yang ia dapatkan selama kuliah seperti PR writing sangat berguna dalam karirnya saat ini. “Sebagai seorang PR, tentunya harus memahami strategi komunikasi pada masyarakat, selain itu juga harus memahami target market,” ungkap Triya Fillia yang juga pernah menjadi dosen luar biasa di Fikom Unpad dan STIKOM Bandung. “Memahami cara penulisan press release dan wording adalah hal penting bagi seorang marketing communication,” tambahnya.

 

Kuliah Umum Tim Trans Studio. (Foto Rofi)

Kuliah Umum Tim Trans Studio. (Foto Rofi)

Rama yang berfokus pada promosi Trans Studio Bandung juga membagi pengalaman kerjanya untuk mencapai sebanyak mungkin pengunjung. “Tim promosi harus memiliki strategi marketing.,” papar Rama. “Selain urusan promosi, kemampuan bernegosiasi dengan pihak luar juga penting karena kami juga menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan dan pemerintah kota Bandung khususnya,” tambahnya.

 
Sedangkan Agus dari bagian event juga menekankan pentingnya rasa ingin tahu alias “kepo” karena sebagai tim marcomm harus mengetahui segala strategi kompetitior bisnis.

 
Trans Studio memiliki 3 poin unggul, yaitu sebagai wahana bermain yang indoor, memiliki wahana roller coaster dengan manuver mundur yang hanya ada di tiga tempat di Amerika, berlokasi di Bandung sebagai kota yang ramah terhadap pendatang dalam hal kuliner dan suasana yang menyenangkan untuk liburan akhir pekan.
Kuliah umum ini juga dibanjiri dengan pertanyaan dari mahasiswa. Mulai dari pertanyaan tentang strategi Trans Studio dalam menghadapi AFTA, bagaimana menanggapi keluhan dan kejenuhan konsumen, serta taktik promosi yang efektif dan efisien dibandingkan dengan kompetitior theme parks dan wisata alam lainnya.

 

Di akhir kuliah umum, seluruh mahasiswa jurusan Hubungan Masyarakat yang hadir masing-masing mendapatkan 2 voucher diskon 50% untuk tiket masuk Trans Studio Bandung. (evelynd)