KULIAH UMUM PRODI HUMAS: “PERAN STRATEGIS HUMAS INDONESIA”

 

DSC_0417

JATINANGOR –  Untuk pertama kalinya Prodi Humas Fikom Unpad dibawah nahkoda Dr. Susie Perbawasari, M.Si dan Aat Ruchiat Nugraha, M.Si menyelenggarakan kegiatan kuliah umum yang mendatangkan pemateri dari praktisi Humas pada hari Selasa (29/03/2016). Pemateri yang dihadirkan adalah Ibu Nurlaela Arief, MBA., MIPR, Head of Corporate Communication PT. Biofarma dan sekaligus pengurus asosiasi profesi (Ketua BPC Perhumas Bandung). Kuliah umum tersebut dipandu oleh moderator Fajar Syuderajat, S.Sos., M.Si (Psi), salah satu dosen prodi Humas, bertempat di Aula Moestopo, gedung 4 lantai 3 Fikom Unpad. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengalaman praktis dan pengetahuan bagi para mahasiswa yang menempuh pendidikan profesi kehumasan.

Dalam pemaparannya, Ketua Perhumas ini memberikan gambaran dan tantangan tentang profesi kehumasan di masa persaingan pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang semakin kompetitif dan harus bisa menjadi bagian yang sangat penting dalam memberikan informasi-informasi yang strategis berdasarkan hasil intelijen bagi perusahaan dan sekaligus menjadi partner bagi pimpinan dalam mengambil keputusan. “Seharusnya peran humas sekarang ini berfungsi seperti mesin ‘Hybrid’ dalam penyampaian informasinya, yaitu mampu memberikan dan menyediakan informasi bagi publik melalui media konvensional maupun konvergensi secara otomatis”, ujar Teh Lala, demikian sapaan akrab Ibu Nurlaela di kalangan wartawan.

Sebelum pelaksanaan kuliah umum, Dr. Susie Perbawasari, M.Si selaku ketua Prodi Humas, menyatakan bahwa kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin akademik yang akan menjadi terget agenda triwulanan bagi prodi Humas. Ke depannya, diharapkan dapat dihasilkan output berupa buku bunga rampai dari isi pemikiran-pemikiran para narasumber yang diundang dalam kuliah-kuliah umum selanjutnya. “Ke depannya kegiatan kuliah umum ini bukan hanya untuk para mahasiswa saja tetapi juga bagi para dosen yang harus menjadi narasumber (pembicara) pada forum-forum nasional/internasional yang berkolaborasi dengan praktisi. Dan hal ini telah menjadi tuntutan dari pihak universitas dalam rangka mencapai world class university (WCU)”, ucap Susie.

Dalam sesi diskusi, banyak mahasiswa yang bertanya kepada narasumber mengenai suka-dukanya menjadi seorang Humas yang profesional, kesempatan on job training pada PT. Bio Farma, dan sekaligus peluang untuk dapat bekerja menjadi karyawan pada perusahaan BUMN tersebut. Dengan lugasnya Teh Lala memberikan jawaban berdasarkan pengalaman beliau yang meniti pekerjaannya dari bagian customer service hingga kemudian menjadi kepala humas, menyatakan sangat bersyukur telah menjadi bagian profesi ini karena dapat memperpanjang shilaturahmi dan dapat terus ceria. “…soal kesempatan berkarier di PT. Biofarma, pihak perusahaan dengan sangat terbuka akan memberikan informasi tersebut ke pihak pimpinan Prodi Humas”, pungkasnya.

Sesi kuliah umum ini diakhiri dengan pembagian merchandise bagi para mahasiswa yang aktif bertanya dan memberikan komentar di twitter dengan #perhumasaksi, serta pemberian plakat dari pihak fakultas ke narasumber, dan foto bersama. (Aat Ruchiat N./Syauqy Lukman).

DSC_0415

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu