Kuliah Umum Public Relations bersama Ulrike Tobisch Kohlbecker dari Jerman

 
Kuliah Umum Dosen PR dari Jerman.

Kuliah Umum Dosen PR dari Jerman.

JATINANGOR – Dosen tamu dari Jerman, Prof. Ulrike Tobisch Kohlbecker yang tengah mengikuti Senior Expert Service di Fikom Unpad memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Prodi Humas Fikom Unpad. Selasa, (21/10) di kampus Fikom Unpad. Kuliah umum ini dibuka oleh Kahumas Fikom Unpad Aang Koswara, S.Sos., M.Si didampingi oleh Renata S.Sos,MSiĀ  sebagai moderator dari Prodi Humas Fikom Unpad.

 
Frau Ully (sapaan akrab Ulrike) berbagi pengalaman saat bekerja sebagai seorang public relations untuk berbagai perusahaan di Jerman. Ia memiliki sebuah kantor PR di Gaggenau sejak tahun 1986. Selain menjadi seorang PR, ternyata Ully juga pernah bekerja sebagai jurnalis dan editor ekonomi di koran Mannheimer Morgen serta editor di German TV Channel. Tak hanya itu, ia juga aktif menjadi koresponden lepas di sebuah media cetak di Portugal. Frau Ully juga berprofesi sebagai dosen atau lekturer di University of Karlsruhe.

 
Dalam presentasinya, Frau Ully menyampaikan beberapa kode etik dalam berprofesi sebagai seorang public relations di Jerman. Beliau juga menjelaskan tentang perbedaan bekerja sebagai PR Consultant dan PR Manager. Bekerja sebagai PR di metal company, environmental factory, serta perusahaan desain mobil menambah panjang daftar pengalamannya. Kuliah umum ini menarik sehingga memancing banyak pertanyaan dari mahasiswa yang hadir karena kuliah umum ini berkaitan dengan mata kuliah PR ethics.

 
Aneka pertanyaan tersebut antara lain bagaimana menyikapi jurnalis yang terus berusaha mengorek informasi dari sebuah perusahaan, bagaimana bekerja sebagai PR di sebuah perusahaan berbasis sains, sedangkan PR berasal dari ilmu sosial, serta pertanyaan tentang manakah yang lebih mudah antara menjadi jurnalis atau menjadi PR. Selain itu, juga muncul pertanyaan tentang bagaimana dukungan pemerintah Jerman bagi dunia public relations serta regulasinya.

 
Mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum ini cukup aktif dalam diskusi dan berani mengajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris. Kuliah umum yang berlangsung selama hampir dua jam ini mendapat respon positif dari Frau Ully sendiri karena beliau senang melihat antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi dari mahasiswa Fikom Unpad dalam mengikuti perkuliahannya. (evelynd)