Public Relations di Industri TV, Kuliah Umum Kerja Sama Prodi Humas dengan ANTV

 

JATINANGOR – Dalam rangka acara Dies Program Studi Hubungan Masyarakat yang ke-3, Kamis (17/11) Prodi Humas bekerjasama dengan PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) mengadakan acara kuliah umum dengan tema “Public Relations di Industri Televisi” di Ruang Moestopo kampus Fikom Unpad Jatinangor. Acara yang dibuka oleh Manager Pembelajaran Fikom Unpad Dr. Agus Setiaman, M.Si, menghadirkan Nugroho Agung selaku Head of Corporate Communication ANTV sebagai pembicara, dan dihadiri oleh dosen-dosen Prodi Humas dan sejumlah mahasiswa.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai profesi PR di Industri Televisi. Untuk itu dihadirkan Nugroho Agung, seorang praktisi PR yang memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun di industri Televisi. Acara ini juga menjadi jembatan Prodi Humas bekerjasama dengan Departemen Corporate Communication ANTV untuk melakukan penelitian, kunjungan dan pemagangan bagi mahasiswa Prodi Humas Fikom Unpad.

Menurut Nugroho Agung, menjadi PR di industry televisi itu menyenangkan, karena atmosfer industri televisi yang dinamis dan banyak tantangan. Saat ini di Indonesia, televisi masih menjadi menjadi hiburan utama bagi masyarakat, meski demikian televisi harus mulai mengubah strategi marketingnya tidak hanya conventional marketing tapi juga digital marketing. Seperti Stasiun telvisi nasional ANTV yang sudah 23 tahun mengudara dan menjangkau lebih dari 160 Kota dan Kabupaten di Indonesia, beberapa tahun belakangan ini mulai menggunakan berbagai platform media social sebagai bagian dari promosinya.

Saat ditanyakan mengenai kompetensi apa saja yang harus dimiliki seorang PR di Indistri Televisi, Nugroho Agung menjawab, PR televisi harus mampu menjadi spokesperson bagi perusahaan, mampu berfikir strategis dan analisis, memiliki keinginan untuk mendengarkan, kemampuan menulis, pengetahuan mengenai produk-produk perusahaan dan mampu bekerjasama dalam tim maupun mandiri. Stasiun TV membutuhkan seorang PR untuk membangun corporate image disamping bersaing dengan stasiun televisi lain dalam hal rating.  Stasiun TV juga menghadapi stakeholder yang memiliki beragam kepentingan, belum lagi isu-isu sensitif seperti agama, sara, kekerasan, pornografi, politik, UU penyiaran, dsb. Karena itu menurutnya, “menjadi PR itu bukan modal rok pendek hahahehe doang.. jadi PR itu harus pintar!”

antv-01

Setelah paparan dari pembicara, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa mahasiswa prodi Humas mengajukan pertanyaan dengan antusias. Salah satu pertanyaan mengenai bagaimana Departement Corporate Communication ANTV menyikapi teguran dari KPI mengenai salah satu acara unggulan ANTV Pesbukers dan permasalahan dengan komunitas agama Hindu terkait salah satu tayangan ANTV yaitu “Jodha Akbar dan “Abad Kejayaan.” Menurut Nugroho Agung, kuncinya adalah komunikasi, PR modern menjadikan pressure group sebagai kawan. Jadi yang dilakukannya bersama tim adalah mendatangi pihak-pihak terkait dan menjelaskan bahwa ANTV sudah melakukan proses sensor sebelum tayangan tersebut tayang di televisi. Ia juga pernah menghadirkan pihak KPI untuk memberikan penyuluhan mengenai UU penyiaran kepada creative dan talent acara Pesbukers, agar kreatifitas mereka tetap berada dalam koridur yang seharusnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cendramata dari Fikom Unpad kepada Nugroho Agung dan pemberian goody bag dari ANTV kepada mahasiswa yang aktif bertanya. Kuliah umum “PR di Industri Televisi” kemudian ditutup dengan acara foto bersama. (Retasari Dewi)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu