Kuliah Umum “Strategi Budaya Menuju Nusantara 2045”

 

Mayjen-Arief-Edit-3JATINANGOR- Mahasiswa Komunikasi bagaikan bintang di langit. Mereka menghiasi langit dan menerangi kegelapan. Mahasiswa ini calon pemimpin masa depan di tengah-tengah nilai Pancasila yang mulai tergeser. Padahal Indonesia merupakan negara kaya raya. Itu sebabnya, Indonesia harus memiliki strategi budaya menuju satu abad kemerdekaan Indonesia pada 2045 mendatang.
Mayjen TNI Dr.Arief Rachman MD mengungkapkan hal itu dalam kuliah umum bertajuk Strategi Budaya Menuju Nusantara 2045 pada Senin (20/4) di Ruang Oemi Abdurachman. Acara ini merupakan kegiatan lanjutan setelah tausyiah yang dilaksanakan pada hari yang sama.

 
Acara dibuka oleh sambutan hangat dari Prof. Deddy Mulyana, PhD, DEA selaku Dekan Fikom Unpad. Hadir pula sejumlah dosen, seperti Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si; Koordinator Program Studi Jurnalistik, Dr. Dadang Rachmat SH,S.Sos, M.Si; Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi Dr. Siti Karlinah, M.Si.
Indonesia, ujar Arief memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat menguasai dunia dengan catatan apabila bangsa Indonesia mulai mengubah pola pikirnya dari berbagai sisi, seperti peningkatan intelektual sumber daya manusia, Pancasila yang merupakan karakter bangsa, dan lainnya. Oleh karena itu, pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam membangun bangsa.
Arief juga menuturkan apa itu strategi kebudayaan dan beberapa faktor strategi kebudayaan, diantaranya international relationship dan militer. (Ryan Putra Gushendra)