Kunjungan Serentak Dua SMA Islam Terpadu ke Fikom Unpad

 

Dua-SMA-1-edit

JATINANGOR– Fikom Unpad Rabu (12/11) kembali mendapatkan kunjungan dari siswa SMA. Pada kesempatan kali ini siswa yang datang ke Fikom Unpad berasal dari dua sekolah yang berbasiskan pendidikan Islam terpadu yaitu siswa SMA Islam Nurul Fikri Serang dan SMA As-Salaam Sukoharjo, Surakarta. Rombongan SMA Nurul Fikri yang terdiri atas 52 siswa dan 3 orang guru pendamping, serta rombongan SMA As-Salaam yang terdiri atas 44 siswa dan 4 guru pendamping langsung diterima di R. Moestopo Gedung 4 Fikom Unpad pada pukul 09.00 WIB.

 
Pada rangkaian kunjungan ini, diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh moderator dari mahasiswa angkatan 2015 program studi Hubungan Masyarakat. Adapun sambutan yang pertama kali disampaikan oleh perwakilan pimpinan SMA Islam Nurul Fikri Serang, yaitu Anton selaku guru pendamping.

 
Sambutan dilanjutkan dari perwakilan pimpinan SMA As-Salaam,. “Kunjungan siswa-siswi kami ke Fikom Unpad bertujuan tiada lain agar mereka lebih mengetahui dunia pergurun tinggi, sehingga kelak dapat memilah-milah yang terbaik mengenai tempat kuliah yang akan dijadikan tempat belajar mereka selanjutnya”, jelas Koko, selaku perwakilan dari pimpinan SMA AS-Salaam.
Dua-SMA-2-edit

Kedua sambutan tersebut mendapat respon yang baik dari perwakilan pimpinan Fikom Unpad yang diwakili oleh Kepala Humas Fikom Unpad, Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos,Msi yang memberikan sambutan pada pagi itu. Dalam sambutannya, Aat mengapresiasi kedatangan kedua sekolah tersebut. “Saya atas nama lembaga dan pribadi menyampaikan rasa terima kasih dan rasa hormat atas telah dipercayainya kampus kami menjadi tujuan tour/study road to campus bagi siswa-siswi SMA yang bapak pimpin”, ujar Aat.

 
Antusiasme para siswa dari dua sekolah tersebut terlihat ketika pemutaran video profil Unpad dan Fikom yang merupakan hasil karya mahasiswa. Respon positif ini terlihat dari semangat para siswa yang mengaku tertarik ingin masuk Fikom Unpad setelah selesai penanyangan video profil tersebut. Rasa ingin tahu tentang Fikom Unpad semakin tergambar saat sesi tanya-jawab dan diskusi seputar kegiatan akademik dan kemahasiswaan di Unpad. Pertanyaan yang diajukan para siswa mulai dari persyaratan masuk Fikom, profil prodi, kompetensi lulusan, sampai pertanyaan mengenai biaya kuliah (UKT). Damar salah satu siswa SMA Islam Nurul Fikri yang kembali mengajukan pertanyaan, yang sebelumnya telah bertanya mengenai gelar yang diraih di Fikom Unpad “Saya Ingin lebih lanjut tahu mengenai seleksi masuk Fikom Unpad melalui jalur prestasi (SNMPTN)”, tegasnya.

 
Menurut Aat Ruchiat Nugraha selaku perwakilan pimpinan Fikom, dan didukung juga dengan testimoni dan pemberian motivasi yang diberikan secara spontan oleh alumni SMA Islam Nurul Fikri yang saat ini sedang melanjutkan studi di prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad. Mutiara, salah satu alumnus SMA Nurul Fikri berkata,” Apabila kuliah di Fikom, maka kita akan diajarkan bagaimana berkomunikasi yang baik dan benar. Kuliah di Fikom juga seru dan menunjang terhadap kehidupan bersosialisasi’’. Adanya testimoni tersebut menjadikan para siswa kedua SMA tersebut semakin mendapat gambaran nyata mengenai perkuliahan di Fikom Unpad. Selanjutnya, testimoni disampaikan oleh para mahasiswa semester satu Prodi Hubungan Masyarakat, Ghea Ghiza.G dan Putri Mesyha juga ikut menceritakan pengalaman mereka mengikuti SBMPTN dan SNMPTN sampai akhirnya menjadi mahasiswa di Fikom. Mereka memberikan pula motivasi kepada siswa-siswi tamu kunjungan.

 
Acara ditutup dengan pertukaran kenang-kenangan antara SMA Islam Nurul Fikri dan SMA As-Salaam yang diwakili guru pendamping dengan pihak Fikom Unpad yang diwakili oleh Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos,.M.Si. Sesi foto juga dilakukan sebagai kenang-kenangan antara kedua sekolah dengan Fikom Unpad. (Yuri dan Nisia)