Kunjungan SMA IT Al-Kahfi Bogor ke Fikom Unpad

 

 IMG_0044

JATINANGOR – Sebanyak 70 siswa kelas XI IPA dan IPS didampingi oleh 4 guru SMA Islam Terpadu (IT) Al-Kahfi Bogor melakukan kunjungan edukasi ke Fikom Unpad, Kamis (12/05). Rombongan ini disambut dengan hangat oleh Dr. Edwin Rizal, M.Si (Wakil Dekan II Fikom Unpad), Syauqy Lukman, S.Sos, MSM (Kepala Lab Humas Fikom Unpad), serta Centurion Chandratama Priyatna, PhD (salah satu dosen Prodi Humas Fikom Unpad) di Ruang Oemi Abdurrahman Fikom Unpad.

Supriyadi, ketua rombongan SMA IT Al-Kahfi, menyampaikan kebanggaannya dapat mengunjungi kampus Fikom Unpad. Mereka bahkan datang lebih pagi dari jam yang sudah ditentukan sehingga memiliki waktu yang banyak untuk menikmati suasana kampus.

“Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi tambahan motivasi untuk memperkuat ambisi kalian menuju perguruan tinggi”, tutur Supriyadi pada siswa-siswi yang hadir pada kunjungan ini.

Edwin Rizal, selaku perwakilan pimpinan Fikom Unpad, pun menerima kedatangan SMA IT Al-Kahfi ini dengan bahagia. “Tugas kami adalah memberikan informasi seluas mungkin kepada calon mahasiswa Unpad, baik yang berkaitan dengan Fikom dan Universitas Padjadjaran secara umumnya”, ungkapnya.

Tak berbeda dengan kunjungan-kunjungan SMA yang lain, rombongan SMA IT Al-Kahfi ini disuguhi video profil Universitas Padjadjaran dan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad yang memuat informasi dasar terkait upaya Unpad dan Fikom Unpad menjadi pusat pendidikan serta pengembangan ilmu pengetahuan.

IMG_0048

Yang menambah warna kunjungan SMA ini ke Fikom Unpad adalah sesi berbagi pengalaman dari alumni SMA IT Al-Kahfi yang sudah berkuliah di Unpad. Fariz Husnayain (Jurnalistik 2011), M. Awaldi Rahman (Agribisnis 2015), dan Nur Afina Afifah (Ilmu Informasi dan Perpustakaan 2014) membuka mata adik-adik almamaternya mengenai kehidupan perkuliahan di Universitas Padjadjaran.

Kemudian, sesi tanya jawab dibuka bagi siswa-siswi yang memiliki pertanyaan. Salah satu penanya adalah Rizky Fatwa, “Di beberapa universitas, ilmu komunikasi berada di FISIP. Di Unpad, ilmu komunikasi berada di fakultas sendiri. Apakah perbedaan ilmu komunikasi di universitas lain dan di Fikom?”

Pertanyaan ini dijawab oleh Edwin Rizal yang menekankan pada tujuan dibentuknya Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad dari sisi historis dan otonomi. “Sebagai sebuah fakultas, Fikom Unpad memiliki otonomi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Semua prodi di Fikom Unpad pun mendapat akreditasi A dan menjadi panutan ilmu komunikasi dari universitas lain”, jelasnya.

Sebagai sesi penutup, Centurion C. P., Ph.D menggelar simulasi mengajar mengenai social media and communication yang ditanggapi sangat baik oleh siswa maupun guru yang hadir. Kemudian, perwakilan rombongan dan Fikom Unpad saling bertukar cinderamata serta mengambil foto bersama.(Margaretha Sinaga)

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu