Kunjungan SMAN 1 Batusangkar ke Fikom Unpad

 

Amphiteater-1

JATINANGOR – Sebanyak 55 siswa kelas XI dan 8 orang guru dari SMAN 1 Batusangkar, Sumatera Barat, mengunjungi Kampus Fikom Unpad Jatinangor Jumat (18/03). Kunjungan ini disambut oleh Kepala Humas Fikom Unpad, Syauqy Lukman, di Aula Moestopo Gedung 4 Fikom Unpad Jatinangor.
Salah satu guru perwakilan SMAN 1 Batusangkar menyampaikan tujuan studi banding siswa kelas XI ke berbagai perguruan tinggi di Pulau Jawa, yakni untuk meningkatkan semangat siswa demi meraih mimpi berkuliah di perguruan tinggi favorit di Pulau Jawa. “Hari ini kami mengunjungi Fikom Unpad sehingga anak-anak kami dapat mengetahui universitas yang disukainya”, ungkapnya.
Selanjutnya, para siswa SMAN 1 Batusangkar disuguhi tayangan video perkenalan Universitas Padjadjaran dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang merupakan karya mahasiswa Fikom. Tak lupa pula, Syauqy Lukman memberikan pemaparan singkat mengenai Fikom, mulai dari sejarah, kegiatan kemahasiswaan, prestasi, sampai jalur masuk ke Fikom Unpad.
Sesi tanya jawab pun berlangsung setelah pemaparan informasi tentang Fikom Unpad. Tiga siswa dan dua guru bertanya pada sesi ini. Umumnya mereka bertanya seputar kriteria dan penjelasan mengenai seleksi penerimaan mahasiswa di Fikom Unpad. Pertanyaan lain berasal dari guru SMAN 1 Batusangkar bernama Hasmaini yang menanyakan perihal beasiswa dan uang kuliah di Fikom Unpad.
“Biaya perkuliahan di Unpad adalah dengan sistem UKT, yang besarannya mulai dari 0 rupiah sampai Rp 6 juta untuk Fikom dan yang paling tinggi adalah Rp 13 juta untuk Fakultas Kedokteran. Biaya UKT ini berdasarkan kemampuan orang tua. Dan ada banyak beasiswa mulai dari beasiswa pemerintah sampai beasiswa dari yayasan”. Ujarnya
Para alumni SMAN 1 Batusangkar yang berkuliah di Unpad turut meramaikan acara kunjungan ini dengan pengalaman yang mereka bagikan. Mereka adalah Aulia Putri Ananda (Mankom 2014), Dian P (Ilkom 2015), Dwi Rista Ananda (Broadcast 2013), dan Fikri (DIIP 2015). Beberapa alumni yang berasal dari FISIP dan FTG juga tampak hadir menyambut siswa sealmamater mereka.
Kunjungan ini kemudian ditutup dengan penyerahan plakat dari Fikom Unpad dan penyerahan kenang-kenangan dari SMAN 1 Batusangkar. Selanjutnya, diadakan foto bersama. (Margaretha Sinaga)