Kunjungan SMAN 8 Depok ke Fikom Unpad

 

SMAN 8 Depok

JATINANGOR – Sebanyak 40 siswa kelas XI IPS didampingi 4 guru dari SMAN 8 Depok mengunjungi Kampus Fikom Unpad, Kamis (14/04). Mereka disambut dengan hangat oleh Kepala Humas Fikom Unpad, Syauqi Lukman, S.Sos, MSM, di Aula Moestopo Gedung 4 Fikom Unpad. Kunjungan yang merupakan rangkaian kegiatan eduwisata SMAN 8 Depok ini tidak hanya dilakukan di Fikom Unpad, namun juga di beberapa kampus ternama di Bandung, Bali, Bromo, Batu Malang, Depok, dan Yogyakarta, sejak tanggal 14-21 April 2016.

Tri Wahyunarti, perwakilan rombongan SMAN 8 Depok, mengungkapkan tujuan kedatangan mereka adalah untuk memotivasi para siswa sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Biasanya siswa masih bingung memilih jurusan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada siswa mengenai program studi, kurikulum, dan kegiatan mahasiswa, khususnya di Fikom Unpad”, ungkap guru mata pelajaran Ekonomi ini.

Setelah menyampaikan maksud kunjungan ke Fikom Unpad, para guru dan siswa menyaksikan bersama video profil yang memuat informasi penting mengenai Universitas Padjadjaran dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Kemudian, Syauqi Lukman, S.Sos, MSM, menyampaikan pemaparan singkat terkait Fikom Unpad, mulai dari penjelasan program studi, kegiatan mahasiswa, sarana, alumni, sampai awards yang pernah diraih.

Dengan bangga pula, Syauqi menuturkan bahwa peminat Fikom Unpad memang tidak sedikit. Pada SNMPTN 2015 lalu, peminat program studi (prodi) Ilmu Komunikasi ada 7946, Ilmu Informasi dan Perpustakaan sebanyak 1346, Hubungan Masyarakat berjumlah 1069, Jurnalistik sebanyak 2318, Manajemen Komunikasi ada 2234, dan program studi yang baru berusia setahun, TV dan Film, diminati oleh 4051 pelamar.

Lalu, sesi tanya jawab pun menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh para rombongan. Tampak banyak siswa yang mengacungkan tangannya untuk menyampaikan pertanyaan. Salah satunya adalah Aribah Meiji (XI IPS 1) yang menanyakan perihal prospek kerja lulusan Fikom Unpad.

Pertanyaan ini dijawab oleh Syauqi dengan pemaparan singkat dan jelas mengenai proyeksi pekerjaan yang dapat diemban oleh para lulusan Fikom Unpad. Lulusan prodi Ilmu Komunikasi merupakan orang-orang yang telah mempelajari ilmu komunikasi secara holistik dan diharapkan dapat menjadi akademisi. Lulusan prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan menjadi manajer informasi dan pustakawan.

Lulusan prodi Hubungan Masyarakat diharapkan bekerja di bidang kehumasan dan dapat membina hubungan dengan publik. Lulusan prodi Jurnalistik dapat menjadi wartawan yang handal di media apapun. Lulusan prodi Manajemen Komunikasi berpeluang menjadi manajer komunikasi di perusahaan dan dapat mengelola komunikasi yang berhubungan dengan perusahaan, kampanye, dan bidang usaha. Terakhir. Lulusan prodi TV dan Film diharapkan menjadi praktisi yang berkecimpung di industri TV dan Film, baik di depan maupun di belakang layar.

Sehabis sesi tanya jawab, pihak Fikom Unpad dan SMAN 8 Depok saling bertukar cinderamata lalu berfoto bersama. (Margaretha Sinaga)