Kunjungan Universitas Sebelas Maret Solo ke Fikom Unpad

 

JATINANGOR – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran mendapat kunjungan dari  Universitas Sebelas Maret, Solo pada hari Jumat (18/11).  Dengan jumlah rombongan sebanyak 30 orang, terdiri dari Kepala UPT Kearsipan UNS, Kepala Bagian Umum, Arsiparis 17 orang, dan Pengelola Arsip 11 orang.

Rombongan sebelumnya mengunjungi UPT Kearsipan Unpad yang diterima oleh  Kepala UPT Kearsipan yakni Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Delianoor., S.H., M.Hum. Pada sambutannya Kepala UPT Kearsipan Unpad menyampaikan bahwa kearsipan Unpad tidak sekedar arsip untuk arsip tetapi arsip untuk ilmu.  Oleh karena itu, dari sisi keilmuan kearsipan akan dikembangkan terus. Untuk menunjang hal itu, pada tahun 2017 akan dibuka Program D4 Kearsipan.  Sedangkan kiat-kiat yang menjadikan Unpad Juara Nasional Peringkat I dalam Lomba Kearsipan kategori Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT) adalah dalam hal penguatan regulasi dan mempraktekkannya.

uns-01 uns-02

Pada Pukul sebelas WIB, rombongan tiba di Fikom Unpad dan diterima oleh Wakil Dekan II, Manajer Tata Kelola dan SDM serta Pengelola Arsip. Dalam Sambutannya Ketua UPT Kearsipan UNS Solo menyatakan maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk berdiskusi tentang pengelolaan arsip di  Unpad dan Unit Kearsipan Fakultas, khususnya yang ada di Fikom Unpad. Hasil diskusi dengan pihak pengelola arsip di Unpad akan dijadikan dasar  untuk pengembangan lebih lanjut pengelolaan arsip di UNS Solo.  Pada Tahun 2015, UNS Solo menjadi  Juara Nasional peringkat II dalam Lomba Kearsipan kategori Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT) dan Universitas Padjadjaran pada bulan Januari 2016 pernah mengadakan Studi Banding  Pengelolaan Arsip ke UNS Solo. Kunjungan balik ini diharapkan dapat memberi pencerahan bagi para arsiparis dan pengelola arsip di UNS Solo.

Bapak Dr. H. Edwin Rizal, Drs., M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, Tata Kelola dan Sumber Daya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan dari UNS Solo. Tentunya hal ini merupakan kehormatan bagi Fikom Unpad dan diharapkan semua pihak bisa mengambil manfaatnya dari pertemuan ini.  Sedangkan Bapak Encang Saepudin, S.S., M.Si. sebagai Manajer Tata Kelola dan SDM Fikom Unpad dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang telah dicapai Fikom Unpad dalam penataan dan pengembangan pengelolaan Arsip salah satunya dikarenakan terdapatnya sinergi yang baik antara pimpinan dan pengelola arsip.

Pengelola Arsip dari Fikom Unpad dalam kesempatan ini menyampaikan tahapan-tahapan perintisan,  apa  yang telah dicapai, dan rencana pengembangan Record Center Fikom Unpad selanjutnya.  Pada saat yang sama  Kepala Subbagian Tata Usaha Administrasi Kearsipan Unpad, yaitu Ibu N.R. Anita Trikusumawati, S.E., M.M. menyampaikan pula proses tentang  pengelolaan yang diupayakan oleh pimpinan beserta staf di Unpad mulai dari perencanaan dan grand desain kearsipan beserta kiat-kiat dan trik dalam upaya pengembangan 4 pilar sumberdaya kearsipan yang mencakup 1) SDM Kearsipan berupa pengadaan Pengelola Kearsipan dan Arsiparis, 2. Sarana Prasarana kearsipan berupa pengadaan Record Centee 1 dan Record Center II beserta peralatan kan perlengkapan kearsipan, 3). Norma, Standar, Prosedur (NSP) dan kriteria kearsipan yang dituangkan dalam berbagai Peraturan Rektor dan SOP terkait kearsipan 4). Komitmen pendanaan untuk pengembangan kearsipan yang mununjang 3 pilar di atas.

Setelah diskusi selesai dilaksanakan rombongan selanjutnya melihat pengelolaan arsip yang ada di unit kerja dan Record Center Fikom Unpad. Rombongan meninggalkan Record Center II Fikom Unpad pada pukul 14.00 WIB untuk pulang. (Wawat Setiawati)

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu