Kunto Adi Wibowo pun Akhirnya Terbang ke Wayne State University

 
Kunto Adi Wibowo

Kunto Adi Wibowo

KUNTO ADI WIBOWO lahir di Ponorogo, 7 Juli 1977.Lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini melanjutkan S2 di The Hague University, Belanda, dan menyabet gelar Master Of Art bidang komuniikasi pada tahun 2009. Pria kalem ini pun awal September lalu akhirnya bisa terbang ke Detroit Amerika Serikat untuk mengambil gelar doktor (PhD) di Wayne State University setelah menempuh proses yang begitu panjang.

Bapak tiga anak ini pernah bekerja sebagai Kreatif Junior di Venusa Advertising Bandung pada tahun 2002, kemudian lanjut pekerja lepas sebagai Penerjemah pada tahun 2003. Pernah juga sebagai relawan di Lembaga Advokasi Hak Anak (LAHA) Bandung pada tahun 2004 dan magang sebagai asisten dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Mulai Januari 2005, Kunto memulai karir sebagai dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung, pengampu mata kuliah Statistik Sosial, Sosiologi Komunikasi, Kapita Selekta Komunikasi, MPK2, Studi Media, dan Ekonomi Media.Selain menjadi dosen, Kunto juga sedang menjadi peneliti dalam penelitian komunikasi, media, dan politik dengan tema partisipasi online dan offline. Pria yang memiliki hobi membaca dan bermain game ini juga aktif di Forum Studi Kebudayaan (FSK-FSRD-ITB) dan di Salman.

Selama kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Kunto menjabat sebagai pemimpin redaksi tahun 1997-1999 dan pemimpin umum tahun 1999-2000 di dJATINANGOR Pers Mahasiswa. Tahun 1997, sebagai pendiri dan pemimpin FOKUS Klub Fotografi Fikom Unpad. Tahun 1998, sebagai Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan di Himpunan Mahasiswa Manajemen Komunikasi Fikom Unpad dan aktif menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia mulai tahun 1999 hingga 2001.Selain itu, aktif juga menjadi anggota Forum Studi Kebudayaan Institut Teknologi Bandung, anggota Ruang Studi Jatinangor, yang masih gabung hingga sekarang.Tahun 2007, Kunto sebagai pendiri dan anggota Documentary Community (Doc.Com), Bandung dan mulai tahun 2011 hingga sekarang sebagai relawan di Salman ITB.

“Gnothi Seauton. Know thyself.” Itulah motto hidup yang selalu ia pegang. Sembilan tahun mengajar di Fikom Unpad ia akui merupakan pengalaman kerja yang paling berkesan baginya. (TheresiaNovianti)