Lab TV Fikom Unpad Gelar Pelatihan Presenter bagi Siswa SD sampai SMA.

 
Peserta-pelatihan-TV-Edit

Dua orang peserta bersiap membacakan berita TV. (Foto Margaretha Sinaga).

JATINANGOR – Laboratorium TV Fikom Unpad menggelar pelatihan bertajuk P engenalan Presenter dan Reporter TV bagi Anak Usia SD, SMP, dan SMA, di Lab TV Fikom Unpad Jatinangor, Senin (06/07). Kegiatan ini digagas oleh Dra. Wina Erwina, MA dan Efi Fadilah, S.Sos., M.Si yang menilai pentingnya pengenalan profesi presenter TV bagi anak usia sekolah. Liburan sekolah menjadi waktu yang pas untuk menyelenggarakan acara.

 
Sebanyak 18 anak, mulai dari kelas 2 SD sampai 3 SMA, mengikuti pelatihan ini. Uniknya, ada 1 mahasiswa UNIKOM Jogjakarta yang juga hadir dan mencoba menyalurkan bakatnya untuk menjadi presenter TV. Acara dibuka oleh Dra. Wina Erwina, MA sebagai Penanggung Jawab Kegiatan dan Jimi Narotama, S.Sos, MSi, Kepala Lab TV Fikom Unpad.

 
“Tujuannya untuk mengisi liburan anak-anak sambil mengenalkan beberapa profesi yang berkaitan dengan Fikom. Selain itu, kita juga sedang belajar mengorganisir kegiatan dan harapannya dapat menggelar kegiatan yang cakupannya lebih besar”, papar Wina dosen Prodi Informasi dan Perpustakaan Fikom Unpad yang juga salah seorang presenter senior di TVRI Jabar Banten.

 
Pada pelaksanaan pelatihan, seluruh peserta dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri dari tiga orang. Dua orang adalah news anchor yang ada di studio, sementara satu orang lagi bertugas sebagai reporter yang seolah-olah melaporkan berita dari lapangan.

 
Naskah berita dan stock shot untuk rekaman sudah disediakan oleh Lab TV. Para peserta pelatihan hanya perlu berlatih membacakan berita sebelum proses rekaman dilakukan. Peserta yang semuanya berasal dari keluarga civitas akademika Unpad ini juga langsung mendapatkan video hasil rekaman mereka di akhir acara.

 
“Semoga ada program lanjutan dari kegiatan ini. Pelatihan seperti ini sangat berguna untuk anak sekolah karena tidak semua siswa SMA yang sudah lulus dapat berkuliah di Fikom Unpad“, tutur Jimi.

 
Selain pelatihan presenter TV, beberapa waktu lalu Fikom Unpad juga telah melaksanakan pelatihan digital drawing bagi anak usia SD dan SMP. Selanjutnya, minggu ini akan ada pula pelatihan desain poster dan brosur yang diperuntukkan bagi siswa SMA dan umum. Rangkaian kegiatan ini dilakukan untuk mengisi liburan sekolah anak dengan kegiatan yang positif. (Margaretha Sinaga).