Lagi, Kampus Fikom Unpad Dikunjungi SMA-2 Tangsel.

 

SMA-2-Tangsel-2-edit

JATINANGOR – Kampus Fikom Unpad, kembali menjadi obyek kunjungan wisata ilmiah, Rabu, (4/11)  rombongan siswa SMAN 2 Tangerang Selatan,  berkunjung ke kampus Fikom Unpad di Jatinangor Kab.Sumedang Mereka adalah siswa kelas XII dari kelas Unggulan jurusan IPA dan IPS.Rombongan yang berjumlah 100 siswa dan 4 guru pendamping tersebut dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) SMAN 2 Tangerang Selatan yang merupakan Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (SBI).

 
Rombongan langsung diterima oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, Prof. Deddy Mulyana, MA., Ph.D. di ruang rapat Oemi Abdurahman gedung Dekanat. Dalam sambutan, Deddy Mulyana menyampaikan kebanggaannya bahwa Fikom Unpad ini selalu menjadi objek edukasi dari sekolah-sekolah yang ada di Indonesia bahkan mahasiswa dari luar negeri.

 
Lebih lanjut, Deddy menegaskan untuk dapat kuliah di Fikom Unpad, para siswa SMA dan sederajat harus mempersiapkan diri memilih aneka program studi yang ada di Fikom Unpad itu harus menjadi pilihan No.1 bukan pilihan kedua atau ketiga. Jika tidak, akan ditolak, ujar Dekan Fikom yang telah menjabat Dekan pada periode kedua tahun ini. Dan memang sekarang Fikom ini sudah menjadi Omni Present (ada dimana-mana dan kapan saja), sehingga lulusan-lulusan Fikom ini sangat cepat untuk diserap oleh perusahaan, yaitu tercatat 2-3 bulan masa tunggu lulusan Fikom Unpad langsung kerja, dengan kata kuncinya asal kreatif, berprestasi, dan didukung oleh kemampuan berbahasa asing yang fasih.

 
Sementara itu, perwakilan rombongan yaitu Drs. Yayat Yatiman menyampaikan ucapan terima kasih penerimaan yang hangat di Fakultas yang menjadi Favorit pada tahun-tahun terakhir ini. Kemudian, Yayat menegaskan, tujuan pelaksanaan Tour the Campus ini tiada lain untuk mencari informasi seputar kegiatan akademik di perguruan tinggi negeri, khususnya di Fikom Unpad. Sebab sudah beberapa tahun sebelumnya, SMAN 2 Tangerang Selatan para siswanya diterima oleh Fikom Unpad dari Jalur SNMPTN maupun SBMPTN 2015. Yang tentunya harapan ke depan dengan adanya penyampaian informasi mengenai ke-Unpad-an dan ke-Fikom-an yang berasal dari pimpinan fakultas maupun para mahasiswa nya dapat memberikan pencerahan dan manfaat bagi motivasi siswa-siswi yang berminat masuk dan dapat diterima disini, ujar Wakasek Bidang PSDM ini. Kunjungan ini merupakan kunjungan ke-2 ke Fikom Unpad, yang sebelumnya juga pernah dilakukan pada tahun 2014 yang lalu.

 
SMAN-2-Tangsel-1-edit

Selanjutnya, dalam sesi pemaparan mengenai ke-Unpad-an, ke-Fikom-an, serta kegiatan kemahasiswaan, dipandu langsung oleh 2 orang mahasiswa dari program studi Hubungan Masyarakat, 3 orang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, 1 orang mahasiswa program studi Manajemen Komunikasi, serta 1 orang mahasiswa program studi Jurnalistik. Dalam sesi tanya jawab dan diskusi ini, banyak para siswa yang menanyakan langsung mengenai keunggulan-keunggulan yang telah dicapai oleh Fikom Unpad, biaya perkulaiah, kurikulum yang ada, kompetensi lulusan, dan lain sebagainya.

 
Untuk menjawab berbagai pertanyaan dari para siswa tersebut, tampil Dr. Edwin Rizal, M.Si selaku Sekretaris Program Diploma 3 Program Studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad yang telah banyak menguasai seputar informasi mengenai kegiatan akademik yang ada di Fikom Unpad dengan didampingi oleh Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. selaku Kepala Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

 
Salma, Andika, Akhwat, dan Ruth Hilda menanyakan seputar kegiatan dan kurikulum di prodi Televisi dan Film. Sementara itu, Nia salah satu siswa SMAN 2 Tangerang Selatan menuturkan bahwa dirinya sangat tertarik untuk masuk di Universitas Padjadjaran khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi.“Saya tertarik masuk Fikom, tapi bagaimana cara masuknya apakah ada jalur mandiri untuk di program studi Sarjana?,” ujar Nia.

 

Dengan nada yang serius tapi santai, Edwin Rizal menjelaskan bahwa di Unpad, jalur penerimaan mahasiswa itu terdiri atas SNMPTN (Jalur Bidik Misi/Undangan), jalur SBMPTN (Ujian Tertulis), dan jalur Mandiri (SMUP). Namun, jalur SMUP ini hanya diperuntukkan untuk program Diploma dan program Pascasarjana, pungkas Sekretaris D3 Fikom Unpad. (ARN)