Lika Aprilia Samiadi, Deputy Country Editor Yahoo! Indonesia

 

Lika Aprilia Samedi

Lika Aprilia Samedi

ALUMNI Fikom Unpad ini termasuk orang yang karirnya cemerlang di dunia jurnalistik. Lika Aprilia Samiadi, alumni angkatan 2002 ini sekarang menjabat sebagai Deputy Country Editor dan Head of Entertainment & Lifestyle News di Yahoo! Indonesia. Sebuah perusahaan global yang memiliki cabang di Indonesia. Menjadi jurnalis merupakan cita-citanya dari dulu, berawal dari kegemarannya dalam menulis lalu muncul keinginan tulisannya dibaca oleh sebanyak mungkin orang. Tentu salah satu caranya dengan kerja di media massa.

Untuk mendalami ilmu jurnalistik, Lika memilih departemen (dulu jurusan) Jurnalistik Fikom Unpad, dan ia lulus dari jurusan ini pada 2008. Menurutnya jurusannya ini telah banyak memberikan pelajaran bagi mahasiswanya ingin benar-benar menjadi jurnalis. Lewat banyaknya koreksi dan revisi dari para dosen penulisan, mahasiswa jadi tahu di mana saja kesalahan yang tidak boleh diperbuat.

Kecintaannya terhadap tulis-menulis membuat Lika menjadi jurnalis kampus sejak masih kuliah. Kala itu, ia menjadi awak majalah Fikombabes, sebuah majalah “hiburan” ala kampus yang digagas oleh komedian Soleh Solihun yang dulu juga kuliah di jurusan dan kampus yang sama. Majalah ini amat fenomenal sehingga sempat populer ke kampus-kampus lain bahkan dibaca hingga Jakarta. Lika mengaku, menjadi jurnalis untuk majalah kampus sangat berguna untuk berlatih menulis dan wawancara.

Lika menjelaskan, “hampir semua alumni Fikombabes sudah jadi jurnalis dan editor sukses, seperti Soleh Solihun di Rolling Stone, Ricky Yudhistira di Jakarta Post, Tisha Amelia dan Roby Nugraha di HU Pikiran Rakyat, dan masih banyak lagi”. Keuntungan yang ia dapat saat itu, selain dapat menyalurkan hobi, tulisan-tulisannya dapat dijadikan portofolio saat melamar kerja. Hasilnya, satu hari setelah wisuda Lika langsung mendapatkan panggilan untuk bekerja di media massa.

Setelah menjadi wartawan koran, majalah, radio, dan tv pada tahun 2010 Lika bekerja di Yahoo! Indonesia. Berawal dari Entertaiment Editor, kini ia telah menjabat sebagai Deputy Country Editor dan Head of Entertainment & Lifestyle News. “Ingin bisa naik jabatan ke tingkat regional, South East Asia,” ucapnya saat ditanya mengenai cita-citanya di dunia karier. Bagi Lika, bekerja di perusahaan multinasional kesempatan majunya lebih besar karena banyak kesempatan baru yang didapat dan wawasan menjadi terbuka.

Banyak bergaul juga sangat berpengaruh besar dalam karier, salah satu cara yang paling mudah memperluas koneksi tentu dengan berteman dengan banyak orang. Berbicara tentang koneksi Lika menjelaskan, “Bergaul dan buka wawasan, ayo bergaul. Makin banyak koneksi, makin banyak kesempatan terbuka. Semakin banyak temen, semakin banyak ngobrol dan diskusi juga, jadi pikiran nggak tertutup.”

Lika Aprilia Samiadi salah satu generasi muda dengan cita-cita yang tinggi dan tidak berhenti untuk maju. “Tentukan cita-cita dari awal, maunya jadi apa atau at least maunya kerja di perusahaan apa. Jadi lebih termotivasi dan tahu siapa koneksi yang harus dideketin.” Ujar perempuan kelahiran Bandung ini. Berjuang melalui tulisan dan berbekal ilmu, pengalaman, wawasan yang luas merupakan pondasi yang ia bangun untuk meraih mimpi. (Nadhira Putri Anzani)