Literasi dan Peningkatan Motivasi Menulis di Era Digital

 

Jatinangor (22/04) – Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kuliah umum dengan tema, “Literasi, Pacu Kreativitas Penulisan Karya Ilmiah di Era Digital.” Acara yang dipandu oleh Fitri Perdana, M.I.Kom ini menghadirkan Ir. Neni Utami Adiningsih, M.T sebagai pemateri. Hadir pula Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Dr. Agus Rusmana, M.A membuka acara kuliah umum yang iadakan pada hari Senin, 22 April 2019, bertempat di Ruang Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad.

Ir. Neni Utami Adiningsih, M.T, adalah seorang dosen dari UIN Sunan Gunung Djati, guru, penulis, editor, motivator dan penggiat literasi. Ibu Neni membuka pembicaraan pagi itu dengan menyampaikan motivasi, “Jika ingin menjadi leader, maka seseorang harus berusaha menjadi yang pertama, minimal dengan cara menempati bangku barisan terdepan saat menghadiri sebuah acara.”

Pengelola Rumah Literasi ALIF di Cileunyi-Bandung memberikan tips utama memahami literasi, yaitu dengan menguasai masalah dengan clue memecahkan masalah. Ide tulisan bisa berasal dari permasalahan hidup yang dialami penulis atau dari curhatan (curahan hati) orang lain, dapat menjadi sumber inspirasi untuk membuat tulisan. Novel, cerpen, komik, dongeng, artikel di surat kabar atau artikel yang terbit secara internasional, memiliki nilai dan keunggulan masing-masing.

Di sela-sela ceramah, narasumber menghampiri peserta untuk berdialog secara langsung. Ruth Hilda Florensia (2016), mendapat apresiasi karena rutin membaca 5 buku dalam satu minggu. Komik, manajemen pengetahuan, novel dan buku dengan tema lain yang dibaca Hilda membuktikan bahwa ia telah mengkaji ilmu di luar tema kuliah.  Disampaikan Ibu Neni, yang pernah menjadi guru bagi siswa berkebutuhan khusus, mengkonsumsi beragam jenis bacaan, sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, sebab setiap orang dihadapkan pada berbagai masalah yang memerlukan beragam informasi untuk menyelesaikannya. Ada baiknya mahasiswa memaksimalkan fasilitas yang disediakan orang tua dan pihak kampus selayaknya untuk berkarya di era digital antara lain menulis sebagai kegiatan entrepreneurs.   

Sebagai penutup, dosen yang telah menghasilkan ratusan artikel dan puluhan buku ini berpesan bahwa literasi di era modern tidak lagi semata pada kemampuan membaca dan menulis. Literasi di era digital adalah mampu berpikir kritis untuk mengenali masalah, mencari solusi, menyelesaikan masalah, mengkomunikasikan secara efektif kepada orang lain untuk kemudian action secara langsung di masyarakat.

Output kuliah umum ini berupa tulisan mahasiswa yang akan dikemas menjadi buku, dengan tema: literasi, karya ilmiah dan digital sebagai hasil kerjasama narasumber dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, Fikom-Unpad. (Rizki)

Tags: ,

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat