Long March Japlas, Humas Fikom Unpad

 

Agenda

Padjadjaran Ramadhan Night Festival 2018

Date: May 24, 2018

Time: 12:00-21:00

Padjadjaran Ramadhan Night Festival
Batalyon UKM Barat Unpad Jatinangor | Kamis, 24 Mei 2018 pkl 12:00 – 21:00

Tausiyah bersama Ust. Nur Ihsan Jundullah
Masjid Raya Unpad | Kamis, 24 Mei 2018 pkl 15:00 – 18:00

Contact Person :
Inayah Zahra Zahirah
WA : 081394592351
Instagram : @prfest18
Line@ : @zgs4110d

japlas-2

Para peserta Long March Jatinangor Anti Plastik 2014

JATINANGOR : Humas A 2011 Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran belum lama ini mengusung sebuah gerakan bertajuk Jatinangor Tanpa Plastik (Japlas). Japlas merupakan social environmental campaign dengan slogannya yang khas, “Satu Plastik Seribu Tahun”. Bekerjasama dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Jawa Barat,

Japlas merampungkan salah satu rangkaian pre-eventnya, yaitu Japlas Long March pada Senin 26 Mei lalu. Long March tersebut merupakan keempat kalinya dilaksanakan dengan mengelilingi Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan awareness mahasiswa sebagai kaum berpendidikan terhadap aksi Jatinangor Tanpa Plastik dan bahaya dari plastik itu sendiri sehingga mampu mengurangi penggunaan plastik sehari-hari.

Dalam Long March terakhir ini, mahasiswa Humas A 2011 Fikom Unpad bekerja sama dengan beberapa UKM pecinta alam di Universitas Padjadjaran seperti Palawa Unpad, Kappa (Pecinta Alam Fikom Unpad), dan Panitera (Pecinta Alam Fisip Unpad). Kelompok pencinta ala mini  menyatakan dukungannya pada Jatinangor Tanpa Plastik dengan mengikuti Long March. Kegiatan ini didukung pula oleh IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Scienes) LC Unpad, yaitu unit kegiatan yang peduli dengan lingkungan juga meramaikan Long March kemarin serta mendukung aksi ini.

Kampanye anti plastik ini berangkat dari keinginan mahasiswa Humas A 2011 untuk berkontribusi aktif  menarik partisipasi masyarakat Jatinangor dalam aksi mengurangi penggunaan plastik sehingga tercapainya pengurangan jumlah penggunaan plastik di Jatinangor dan menumbuhkan rasa tanggung jawab lebih dalam membantu merawat lingkungan sekitar, mengingat salah satu hal yang sangat berdampak besar terhadap kerusakan lingkungan adalah sampah plastik.

Dalam rangkaian acara ini peserta dikenalkan dengan bahaya plastik dengan menyentuh aspek kognitif, afektif, dan konatifnya. Kegiatan selanjutnya dari kampanye ini direncanakan akan melibatkan mahasiswa lain yang berkampus di Jatinangor lainnya, seperti, IPDN, ITB, dan IKOPIN untuk mendukung kampanye Jatinangor Tanpa Plastik. (Ichwan).