Mahasiswa DIIP Kelas A’13 Fikom Unpad Sosialisasikan Buku Lewat “BAMBU”

 
Taufik, dosen sastra Sunda tengah mendongeng (Foto Panitia)

Taufik Ampera, dosen Sastra Sunda FIB tengah mendongeng (Foto Panitia)

JATINANGOR – Mahasiswa DIIP Kelas A 2013 Fikom Unpad mengadakan kegiatan sosial bernama BAMBU (Buku adalah Media Belajar yang Unik) di PAUD Bunda Hajar Sukawening, Jatinangor Kab.Sumedang. Selasa (26/05). Kegiatan ini dilakukan sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Humas Perpustakaan dengan dosen pembina Dra. Wina Erwina,MA.

 
BAMBU menekankan penggunaan buku sebagai media belajar yang unik. Kebanyakan anak di zaman sekarang ini sudah melupakan buku dan beralih ke gadget. Demikian halnya dengan siswa-siswi di PAUD Bunda Hajar Sukawening. Dari 38 siswa di PAUD ini, ternyata tidak sedikit yang mempunyai gadget.

 

Lomba mewarnai (Foto Panitia Bambu).

Lomba mewarnai (Foto Panitia Bambu).

BAMBU menghadirkan dua pembicara, yaitu Taufik Ampera (dosen Sastra Sunda, FIB Unpad) dan Becus Srimuang (mahasiswa Farmasi Unpad).

 
Taufik menarik perhatian siswa PAUD dengan memperdengarkan dongeng dalam dua bahasa, Indonesia dan Sunda. Para siswa kelihatan sangat terpaku dan antusias mendengarkan dongeng yang dibacakan dari buku itu.

 
Sedangkan, Becus memberikan pemaparan akan akibat buruk gadget. Orang tua yang hadir merasa sangat terbantu dengan informasi yang diberikan, yaitu radiasi gadget berlebihan dapat menyebabkan penyakit yang tidak ringan.

 
Kepala Sekolah sekaligus pendiri PAUD Bunda Hajar, Ani Siti Suparni, menyatakan kebahagiaannya akan kedatangan mahasiswa Unpad yang mengabdi kepada masyarakat. Ani pun berharap akan ada kerjasama yang dilakukan dengan Fikom Unpad.

 
“Di sini sebetulnya ada perpustakaan, tapi kita tidak punya tenaga ahli yang dapat mengelolanya”, ungkap Ani.

 

Panitia BAMBU, DIIP Kelas A Fikom Unpad (Foto Panitia)

Panitia BAMBU, DIIP Kelas A Fikom Unpad (Foto Panitia)

Program selanjutnya yang sudah direncanakan Panitia BAMBU dan PAUD Bunda Hajar adalah mendatangkan pustakawan dari Himpunan Mahasiswa Perpustakaan (HIMAKA) Fikom Unpad untuk membantu pengelolaan perpustakaan PAUD Bunda Hajar.

 
PAUD Bunda Hajar Sukawening didirikan pada tahun 2009 melalui dana swadaya dari keluarga Ani Siti Suparni. Pada tahun 2010, PAUD ini mulai menjalin kerjasama dengan BEM KEMA Unpad dengan mendirikan Taman Ilmu. Selama tiga hari dalam seminggu relawan pengajar dari BEM KEMA Unpad mengajar di Taman Ilmu. PAUD Bunda Hajar juga pernah dikunjungi oleh Rektor Unpad, semasa dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA.(Margaretha Sinaga)