Mahasiswa Hima Jurnalistik Gelar Acara Temu Dengar dengan Prodi Jurnalistik Fikom Unpad

 
Jpeg

Jpeg

 

JATINANGOR – Hima Jurnalistik (HMJ) Fikom Unpad, Jumat (6/8) menggelar acara temu dengar (hearing) dengan pihak Program Studi Ilmu Jurnalistik. Acara yang dihadiri sekitar 80 orang mahasiswa ini diadakan di Ruang Oemi Abdurachman, Gedung 1, Kampus Fikom Unpad, Jatinangor.

Temu dengar ini digelar secara berkala, dua kali per semester untuk memperlancar komunikasi antara mahasiswa dengan pihak prodi. “Kegiatan hearing ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman antara mahasiswa dengan dosen. Selain itu, acara ini juga mewadahi sosialisasi berbagai program dari prodi, fakultas, dan universitas,” jelas Ni Putu Trisnanda selaku Ketua Divisi Advokasi HMJ sekaligus penanggung jawab kegiatan tersebut.

Acara hearing kali ini membahas lima masalah pokok perkuliahan, yaitu pelaksanaan semester pendek, sistem dan kuota sidang skripsi, konvergensi mata kuliah pada kurikulum yang berbeda, format baru sidang skripsi (kolokium), dan evaluasi mata kuliah praktik kerja lapangan.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan seputar kelima isu tersebut. Salah satunya adalah format kolokium sidang skripsi. Salah seorang dosen prodi ilmu jurnalistik, Dr.Nuryah Sjafirah,MSi menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan skripsi sesuai dengan format baru tersebut.

Selain mengenai format kolokium sidang skripsi, beberapa mahasiswa juga mengajukan pertanyaan seputar evaluasi mata kuliah PKL.

“Idealnya, kalian melaksanakan PKL di media yang memiliki reputasi baik dan mau membimbing mahasiswa yang sedang belajar. Jadi, kalian punya kesempatan untuk belajar lewat kegiatan-kegiatan jurnalistik yang dilakukan media tersebut,” papar Pandan Yudhapramesti, MT selaku koordinator mata kuliah PKL prodi jurnalistik. (Dina Gurning).