Mahasiswa Kehumasan Fikom Unpad Sukses Gelar “Siknifitas”

 

SIknifitas-1BANDUNG – Mahasiswa Kehumasan C 2012 Program Diploma Fikom Unpad Sabtu (6/12) menggelar konser musik yang bertajuk SIKNIFITAS “Musik dan Seni Kreatif Disabilitas” di Saung Angklung Udjo, Padasuka Bandung. Dengan tagline “BERKUALITAS MESKI TERBATAS”, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada setiap 3 Desember.

 
Acara ini juga sekaligus sebagai sarana bagi kaum disabilitas untuk menampilkan bakat dan kreasi mereka, serta untuk memberikan informasi kepada publik bahwa di balik kekurangan kaumdisabilitas terdapat banyak kelebihan, seperti bermain pantomim, bermusik, bernyanyi dan  melukis.

 
Menurut Ketua Panitia Siknifitas, , Resya Novialdi, acara ini bertujuan untuk membuka pandangan publik terhadap kaum Disabiltas agar tidak dipandang sebelah mata. Sementara itu Drs. Gufroni Sakaril, M.M (Ketua Umum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia dan juga Kepala Humas Indosiar) yang juga menjadi tamu undangan di acara ini, mengatakan “Masalah utama yang dihadapi penyandang disabilitas yaitu stigma negatif dan diskriminasi”.

 
Siknifitas-2Arumba Saung Angklung Udjo menjadi pembuka acara Siknifitas dengan meriah disusul dengan penampilan perkusi dari YPAC (Yayasan Penyandang Anak Cacat) serta dilanjutkan kolaborasi antara Arumba Saung Angklung Udjo dengan angklung  Cicendo yang membawakan lagu Citra Scholastika – Aku Pasti Bisa dan D’Masiv – Jangan Menyerah. Setelah itu penampilan selanjutnya adalah seni tari jaipongan oleh empat alumni SLB Negeri Cicendo, mereka menari dengan melihat instrukturnya, sebab mereka adalah tuna rungu atau tidak bisa mendengar.

 
Ada juga pemutaran film Disabilitas dari Festival Film Disabiltas (FFD) yang membuat para penonton menjadi tahu bahwa mereka (penyandang Disabilitas) memperjuangkan hak-hak mereka untuk mendapatkan ilmu yang sama. Dilanjutkan dengan bermain Pantomim oleh SLB Negeri Cicendo yang sangat menghibur para penonton. Penampilan Sania, salah satu murid dari YPAC menyanyikan lagu Armada yang berjudul Hargai Aku berhasil membuat haru seluruh penonton hingga menitikan air mata. Zelda Mamamia dan temannya Ira Cristy yang merupakan tuna netra juga tak kalah membuat haru seluruh pengunjung saat menyanyikan lagu Bunda dari Melly Goeslow yang diikuti oleh siswa-siswi SLB Negeri Cicendo dengan Bahasa Isyarat di belakangnya. Diakhir penutupan acara, seluruh talent berkolaborasi menyanyikan lagu D’Masiv yang berjudul Esok Kan Bahagia.

 
Direktur Utama Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo, mengatakan acara ini sangat menginspirasi saya, saya akan membuat acara seperti ini lagi tetapi akan saya buat lebih besar lagi di tahun 2015. “Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa Fikom Unpad yang telah membuat acara seperti ini” uungkap Taufik.

 
Siknifitas-3Acara yang merupakan tugas dari matakuliah Event of PR asuhan dosen Lilis Puspitasari, S.Sos, M.Ikom ini sukses menggalang donasi untuk penyandang disabilitas dari hasil penjualan tiket dan akan diserahkan untuk beberapa yayasan seperti SLBNegeri Cicendo dan Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC).

 
Beberapa media juga turut berpartisipasi dalam acara ini diantaranya seperti Pikiran Rakyat, Paramuda 93,7 Fm, serta media sosial twitter yang cukup dikenal seperti @infobdg dan @infojatinangor.(Mohamad Habil)