Mengenal Fikom Unpad melalui “Mau Jadi Apa”

 

JATINANGOR – Pada Hari Jumat (17/11/2017) Commoviecator, salah satu cabang lomba Epicentrum 2017 mengadakan acara Bedah Buku “Mau Jadi Apa” bersama pengarangnya yaitu Soleh Solihun di Aula Moestopo Fikom Unpad. Acara ini sekaligus untuk mempromosikan filmnya yang juga berjudul sama. Selain Soleh Solihun, acara bedah buku ini juga dihadiri oleh para pemain film “Mau Jadi Apa” yaitu Anggika Bolsterlo, Aci Resti, Boris Bokir, dan Awwe. dan juga sutradara filmnya, Monty Tiwa. Dengan hadirnya Soleh Solihun dan para pemainnya yang sebagiannya  adalah komika, setiap  obrolan terkadang mengundang tawa selama acara berlangsung. “Dulu Fakultas Ini terkenal dengan julukan Fakultas Ilmu Ketok Magic, karena banyaknya pagar seng disini” kata Soleh Solihun dan mengundang gelak tawa orang-orang.

Di film “Mau Jadi Apa”  selain membuat bukunya,  Soleh Solihun menjadi penulis, sutradara,skenario dan bintang utamanya. “ Awalnya saya disuruh untuk menulis buku, menulis skenario, menyutradarai, dan membintangi filmnya” katanya saat di acara tersebut. Dia pun menyetujui tawaran tersebut dan mulai menulis buku “Mau Jadi Apa” . “Setelah bukunya selesai, saya bilang saya ingin pemainnya teman-teman saya, untuk bisa membangun chemistrinya”. Akhirnya merekapun mulai merekrut Boris Bokir, Awwe, Adjis Doa Ibu dan Ricky Wattimena menjadi pemeran utama dan juga teman dekat Soleh Solihun.

Buku “Mau Jadi Apa” ini bercerita tentang kehidupan Soleh Solihun dan teman-temannya saat selama kuliah di Fikom Unpad pada tahun 97. Soleh sendiri mengaku, pada saat pertama kali kuliah dia tahu ingin menjadi apa kedepannya. Pencarian jati dirinya  dan teman-temannya pun dimulai,  Soleh Solihun mengikuti berbagai macam kegiatan di kampusnya, salah satunya adalah membuat media kampus bernama Karung Goni yang digemari banyak mahasiswa sampai akhirnya dia bercita-cita ingin menjadi wartawan musik. Monty Tiwa selaku sutradara film ingin film ini bisa menjadi inspirasi mahasiswa Fikom Unpad. Namun walaupun film ini terlihat “Fikom banget” Monty Tiwa berharap segmennya bisa jauh dari itu karena spirit dari kebebasan sambil dibarengi oleh tanggung jawab dalam kebebasan tersebut ada di film ini.

Selain menjadi latar belakang dalam penceritaan, Fikom Unpad juga menjadi lokasi syuting utama film “Mau Jadi Apa” tersebut. “Karena ceritanya di Fikom, saya mau syutingnya juga di Fikom gak mau dikampus lain” ujarnya yang membuat seluruh mahasiswa bertepuk tangan. Kendala yang dihadapi saat syuting di Fikom, adalah banyaknya bangunan yang sudah berubah dan tampak modern, sehingga para kru berusaha mensetting tempat ini terlihat seperti tahun 97.

Film Ini juga merupakan film pertama yang menceritakan tentang kehidupan mahasiswa di Fikom Unpad. Selain syuting di Fikom, para kru juga melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa yang menjadi ekstra, ada juga beberapa mahasiswa Fikom Unpad yang magang di film tersebut. “Untuk semua yang magang di film Mau Jadi Apa, ini juga film kalian” ujar Monty Tiwa. Film “Mau Jadi Apa”  ini akan melakukan premiere perdana di XXI Jatos. Dan filmnya sendiri akan hadir serentak di seluruh bioskop Indonesia tanggal 30 November. (Adinda Ayu Dewi Hermawati)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu