Michael Gill, “Strategic Planning Advisor” Fikom Unpad

 
Michael Gill dalam sebuah forum bersama Mendikbud Moh Nuh (Foto Ist)

Michael Gill dalam sebuah forum bersama Mendikbud Moh Nuh (Foto Ist)

SEJAK 6 April 2015 lalu, Michael Gill, seorang konselor dari sebuah asosiasi bernama Dragoman di Australia, datang ke Fikom Unpad bersama rekannya Chris Hindes dari Australian Bussiness Volunteer. Ini adalah kali pertamanya ia menetap di sebuah kampus untuk melakukan tugas konselingnya. Bekerjasama dengan tim dosen program studi Jurnalistik Fikom Unpad, ia menjalankan karirnya sebagai penasihat strategi perencanaan khususnya di bidang media konvergensi di Fikom Unpad.

 
Michael Gill berlatarbelakang studi tentang sejarah dan ekonomi di Newcastle University lalu melanjutkan studi magister di bidang manajemen. Ia pernah bekerja di industri baja dan perbankan sebelum akhirnya berkarir di dunia jurnalisme. Sejak itulah ia mulai berperan menjadi pemimpin keuangan di beberapa media. Ia telah mengamati secara mendalam beberapa kasus jatuhnya banyak tokoh bisnis dan organisasi di Australia. Ia pun telah melakukan studi di berbagai bidang tentang kebijakan perusahaan dan masyarakat. Analisisnya tentang liberalisasi pasar modal dan perkembangan globalisasi memberinya perspektif khusus terhadap tren di media massa saat ini.

 
Ayah dari 2 orang putra dan 1 putri telah memiliki pengalaman yang luas dalam pengembangan strategi bisnis, merger dan akuisisi di media digital dan analisis perputaran bisnis di Asia. Dia adalah CEO dari Financial Review Group sebuah divisi di Fairfax Business Media, Sydney sejak 1998 hingga 2011. Michael juga menjabat sebagai ketua Australian Associated Press dari tahun 1999 sampai 2011. Dia adalah Presiden UNICEF Australia selama 6 tahun sejak 2008. Berpengalaman menjadi senior eksekutif dan memimpin bisnis di perusahaan media selama lebih dari 13 tahun telah membawa Michael mencapai banyak perubahan positif pada profitabilitas dan inovasi bisnis. Ia juga sering melakukan perjalanan untuk bisnis ke India, Indonesia, Thailand, Singapura, Myanmar dan Korea Selatan.

 
Gill juga menyodorkan konsep Media Center untuk dijalankan oleh Fikom Unpad. Konsep ini sudah dipresentasikannya di hadapan para pimpinan Fikom Unpad. Sebuah konsep yang cukup menantang dan menarik.

 
Profesinya sebagai jurnalis sudah ia geluti sejak 1978, mulai dari reporter, koordinator liputan, editor, bahkan pemimpin redaksi. Suasana perkuliahan yang dinamis di Fikom Unpad membuatnya nyaman untuk berinteraksi dengan para mahasiswa. Ia pun pernah diundang menjadi pembicara di acara Himpunan Mahasiswa Jurnalistik “Bukan Bacot Biasa” membahas tentang inovasi dan peluang berkarir di media. “The courses in this department have good purposes for developing student’s skills,” papar Michael saat ditemui di ruang kerjanya. Sayangnya, ia telah kembali ke Australia pada 20 Juni 2015. “I will miss everythings in here, the lovely people, foods, but not the stressful traffic,” ungkapnya sambil tertawa. (evelynd)