Moviekom Cinematography Club Fikom Unpad 2018

 

Agenda

Padjadjaran Ramadhan Night Festival 2018

Date: May 24, 2018

Time: 12:00-21:00

Padjadjaran Ramadhan Night Festival
Batalyon UKM Barat Unpad Jatinangor | Kamis, 24 Mei 2018 pkl 12:00 – 21:00

Tausiyah bersama Ust. Nur Ihsan Jundullah
Masjid Raya Unpad | Kamis, 24 Mei 2018 pkl 15:00 – 18:00

Contact Person :
Inayah Zahra Zahirah
WA : 081394592351
Instagram : @prfest18
Line@ : @zgs4110d

JATINANGOR – Cinematogrgraphy Club (CC) Fikom Unpad telah rampung menyelenggarakan acara tahunan Moviekom pada Rabu (19/4/2018). Moviekom yang telah diadakan beberapa lalu adalah Moviekom ketujuh yang diadakan oleh CC Fikom. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Moviekom tahun ini juga diselenggarakan selama 3 hari yang kegiatannya yaitu 16, 17, dan 19 April merupakan pemutaran film calon anggota baru, pemutaran film eksternal, talkshow bersama Arief Akhmad Yani dengan tema “Tempat dan Peran Filmmaker di Dunia Perfilman Indonesia”, dan diakhiri dengan awarding night.

Tema yang diangkat pada Moviekom tahun ini adalah “Sinema: Media Kolaborasi”. Tema ini yang memiliki tag line kreasi dalam kolaborasi ini memiliki arti bahwa sebuah film merupakan hasil dari kolaborasi, baik kolaborasi antara indera yaitu penglihatan, pendengaran, dan lainnya, film juga merupakan kolaborasi antara ide-ide kreatif yang ada. Oleh karena itu, maskot yang dipilih untuk acara Moviekom tahun ini adalah gado-gado yang merupakan campuran berbagai jenis makanan, hal tersebut mirip dengan film yang merupakan gabungan dari berbagai macam unsur.

Sama seperti tahun sebelumnya, Moviekom tahun ini memutarkan 10 film dari para calon anggotanya dan 6 film dari komunitas lain. Meskipun ini adalah pertama kalinya calon anggota CC memproduksi film pendek, namun film-film tersebut memiliki jalan cerita unik dan tidak kalah menarik dengan film-film lain. Bahkan salah satu film berjudul Senandung Kala Itu yang diproduksi oleh Ambicine Films telah menjadi 1st runner up pada ajang Indonesian Short Film Festival (ISFF) 2018 yang diselenggarakan oleh SCTV.

Tidak hanya mahasiswa Unpad saja, pengunjung yang hadir juga berasal dari alumni mahasiswa Unpad, dan mahasiswa luar lainnya. Pengunjung yang hadir dikenai biaya sekitar 10.000 rupiah untuk sesi 1 yang memutarkan 4 film, 12.000 rupiah untuk sesi 2 yang memutarkan 6 film, dan 15.000 rupiah untuk 10 film yang berisi dari gabungan sesi 1 dan sesi 2.
Pada sesi pertama, film-film calon anggota yang diputar yaitu, Di Beranda, Puan, Dunia Tanpa Kebohongan, Sareupna. Sementara pada sesi kedua film-film yang diputar adalah Liwu, Ning Mburi, Ungu, The Same Old Feel, Senandung Kala Itu, dan Ting-Ting. Film-film tersebut memiliki jalan cerita unik dan tentu saja berbeda antara satu dan lainnya.

Pada hari kedua, Moviekom menayangkan film-film komunitas diantara yaitu Laut Bercerita yang merupakan film pendek berdurasi 37 menit yang diadaptasi dari novel milik Leila S. Choudori dengan judul yang sama, Tiket Ke Bioskop, PowerOff, Merah Dilema, Kabar Hari Ini, dan Wangsul. Pada hari kedua, pengunjung dikenakan biaya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan hari pertama yaitu 20.000 rupiah. Selain pemutaran film, pada hari kedua juga terdapat talkshow oleh Arief Akhmad Yani yang membahas tentang film indie di Indonesia dan penampilan dari teater Djati yang sangat spektakuler.
Pada hari terakhir yaitu 19 April 2019 CC mengadakan Awarding Night bagi karya-karya calon anggota CC yang telah ditampilkan 2 hari sebelumnya. Malam penghargaan ini diadakan khusus untuk anggota internal CC Fikom Unpad, baik dari calon anggota hingga para Anggota Luar Biasa (ALB) yang merupakan alumni CC Fikom Unpad.

Karya-karya hebat para calon anggota baru yang telah diberi penilaian oleh para juri akan memperoleh penghargaan. Penghargaan tersebut diantaranya adalah poster terbaik, trailer terbaik, pemeran utama terbaik, pemeran pendukung terbaik, Make-Up terbaik, wardrobe terbaik, artistik terbaik, penata suara terbaik, penata music terbaik, editor terbaik, scenario terbaik, sinematografi terbaik, penyutradaraan terbaik, ide terbaik, adegan terbaik, kolaborasi produksi terbaik, film terfavorit, dan film terbaik yang diraih oleh film Senandung Kala Itu. Sampai jumpa di Moviekom 2019! (Safina Zora/CC)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.




Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu