Nge-DATE with Kemuslimahan BKI Fikom, “Ketika Hati Berlabuh”

 

JATINANGOR – Rabu (12/4/2017), Departemen Kemuslimahan BKI Fikom Unpad melalui Tim Zahraskii menyelenggarakan acara Day Talk With Musleemah (Nge-DATE) di Mushola Az-Zahra Fikom Unpad, Jatinangor. Tema yang diangkat pada acara ini adalah, “Ketika Hati Berlabuh.” Acara yang diselenggarakan khusus untuk mahasiswi ini menghadirkan pembicara yang merupakan dosen Program Studi Jurnalistik Fikom Unpad, Maimon Herawati.

Latar belakang pemilihan tema ini karena adanya fenomena jatuh cinta yang sayangnya belum disertai pengetahuan mengenai cara mengatasinya sesuai dengan ajaran agama Islam. Maka dari itu Tim Zahraskii mencoba mengangkat tema ini dengan harapan dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan yang baik dan benar.

“Banyak teman mahasiswi kita terjebak oleh masalah hati. Jadinya hati rapuh dan berdampak buruk buat dia. Apalagi bagi mereka yang ingin berhijrah dan tidak memilih pacaran,” tutur Amalia Dewi selaku ketua Departemen Kemuslimahan saat membuka acara.

Dari keprihatinan tersebut, Tim Zahraskii memutuskan untuk mengambil tema ini agar para mahasiswi mampu mengatasi dan bersikap tepat saat merasakan jatuh cinta.

Kurang lebih sebanyak 30 mahasiswi mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak hanya berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi saja, namun juga datang dari fakultas lain di Unpad, bahkan diketahui terdapat beberapa orang peserta yang masih duduk di bangku SMA. Acara yang diselenggarakan setiap minggu ini memang ditujukan untuk umum, tidak membatasi asal fakultas.

Acara dimulai pada pukul 16.00 wib, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh ketua Departemen Kemuslimahan. Sambil menunggu pembicara, peserta disajikan beberapa video mengenai jatuh cinta sesuai ajaran Islam. Selanjutnya, pembahasan materi dipaparkan oleh Maimon Herawati pada pukul 16.30 wib. Acara kemudian berakhir pada 17.30 wib dengan pemberian bingikisan kepada pembicara serta sesi foto bersama.

Acara Nge-DATE dengan tema Cinta ini rupanya disambut baik oleh para peserta yang hadir. Terbukti dari banyaknya pertanyaan yang muncul meskipun waktu sudah hampir habis. Dua orang diantaranya, menanyakan bagaimana menentukan diri sudah siap menikah, serta cara menanggapi teman pria yang tertarik. Jawaban pertanyaan ini kemudian disampaikan dengan lugas dan jelas oleh pemateri.

Sebagai penutup, Maimon Herawati memberi pernyataan terakhir, “yang memberi cinta itu Allah, maka penuhi hati kita dengan cinta-Nya. Ingat! Kalau awalnya Allah gak suka, ujungnya pasti mendapat masalah,” ujarnya. (Shofuro Fathinatu Shobiroh)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu