Nuryah Asri, Sang Dosen Berprestasi Fikom Unpad

 

Nonon-1

SOSOK IBU bagi mahasiswa Jurnalistik sekaligus “tempat curhat” bagi seluruh mahasiswa Fikom Unpad. Dosen yang lebih akrab disapa dengan Bu Nonon ini adalah koordinator Tim Pelayanan Bimbingan dan Konseling Fikom Unpad. Dr. Hj Nuriyah Asri MSi yang sehari-hari dikenal sebagai dosen Prodi Jurbnalistik ini terpilih sebagai Dosen Berprestasi Fikom Unpad pada Fikom Award, rangkaian acara Dies Natalis Fikom Unpad, September 2015 lalu. Sebelumnya, Nonon juga terpilih sebagai Peringkat III Dosen Berprestasi Tingkat Universitas tahun 2014.

 
Pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan Nuryah Asri patut dijadikan teladan. Ketiga pilar dasar kewajiban kaum intelektual dilaksanakan penuh oleh dosen kelahiran Bandung, 25 Agustus 1975 ini. Pertama dari aspek pendidikan, Nuryah Asri meraih gelar sarjana, magister, dan doktoral di Fikom Unpad. Saat ini beliau mengampu beberapa mata kuliah untuk program studi Jurnalistik dan Pascasarjana, antara lain Filsafat Komunikasi, Komunikasi Lintas Budaya (Interkultural), Kapita Selekta, Seminar dan Metodologi Penelitian Komunikasi.

 
Tak diragukan lagi kontribusi Nuryah Asri dalam aspek kedua yaitu penelitian. Fokus penelitian beliau pada kajian komunikasi dengan metode studi kasus dan fenomenologi. Berbagai artikel ilmiah karya Nuryah Asri telah dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional. Beliau juga menyajikan karyanya “Komunikasi Kontekstual: Teori dan Praktik Komunikasi Kontemporer (Simbolisasi dan Manipulasi Identitas Pelaku Konversi Agama Etnis Cina” pada sebuah buku tahun 2011.

 
Pada tahun 2012, ibu dari satu orang putri ini mengikuti International Symposium Combating Human Trafficking dengan mengangkat tema gegar budaya dan pengalaman traumatik dengan objek penelitian tenaga kerja wanita Indonesia di luar negeri. Penelitian ini dikembangkan menjadi Intercultural Communication Competence of Indonesian Woman Workers Abroad yang disajikan pada konferensi internasional Pacific Asia Communication Association (PACA) tahun 2014.

 
Selain aktif mengikuti seminar-seminar ilmiah komunikasi, dosen favorit ini juga berkesempatan untuk menyajikan penelitiannya di Monash University, Melbourne, Australia pada tahun 2013. Baru-baru ini, dia menjadi pemakalah di Simposium Nasional Komunikasi Kesehatan Fikom Unpad.
Melengkapi kontribusinya dalam dunia pendidikan dan penelitian, Nuryah Asri pun berpartisipasi dalam banyak kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti pelatihan penulisan artikel dan media literasi di berbagai kabupaten kota di Jawa Barat. (Evelynd)

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu