Partisipasi Fikom Unpad dalam Supercamp Unpad 2017, Muara Gembong

 

MUARA GEMBONG, KAB. BEKASI – Tim dosen dan tenaga kependidikan Fikom Unpad berpartisipasi dalam kegiatan Supercamp Unpad yang diadakan selama tiga hari, mulai dari Minggu (13/8/2017) hingga Selasa (15/8/2017) di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Kegiatan supercamp yang digarap tim Fikom Unpad berkaitan dengan bidang pendidikan, bidang pariwisata, dan bidang pemerintahan. Ketiga bidang ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada program Pengabdian pada Masyarakat, melalui kegiatan penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan.

Di samping program Pengabdian pada Masyarakat, Tim Supercam Fikom Unpad pun melaksanakan kegiatan penelitian yang lebih berorientasi pada pengumpulan data di lapangan. Kegiatan penelitian pada pelaksanaannya terintegrasi dengan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat tersebut.

Dalam bidang Pendidikan, kegiatan yang dilakukan adalah program “Pengenalan Perintisan Perpustakaan Sekolah”, dengan Andriyanto, S.Sos., M.I.Kom sebagai pemateri, memberikan materi di SDN 2 Desa Pantai Bahagia, Muaragembong. Sedangkan untuk dua kegiatan pengbadian yang lainnya, yaitu “Pengelolaan Perpustakaan Pariwisata” dan “Pemerintahan Pelatihan Kearsipan Perangkat Desa” oleh Dr. Encang Saepuddin, M.Si dan Andriyanto, mengambil tempat di ruang rapat Balai desa Pantai Bahagia yang dihadiri oleh sejumlah ketua RT, tokoh masyarakat, dan aparat desa.

Sementara itu dalam “Pelatihan pembuatan alat-alat promosi pariwisata”, Syauqy Lukman, S.Sos., M.S.M., berdiskusi dengan sejumlah pelaku pariwisata di Muara Gembong dengan dibantu oleh Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom di aula balai desa.

Team leader dari Supercamp Fikom Unpad 2017, Rully Khairil Anwar, M.Si., mengatakan, bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita (Unpad), salah satunya adalah masyarakat di Muara Gembong. Lebih lanjut, Rully menyampaikan, “Muara Gembong sebuah kecamatan yang lokasinya tidak jauh dengan ibu kota, namun kondisi infrastruktur dan SDM sangat jauh tertinggal. Maka, Fikom Unpad yang tergabung dengan Universitas Padjadjaran mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk ‘Supercamp’ di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, 13-15 Bekasi 2017. * (SL)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu