Pelatihan Kehumasan bagi Humas Fakultas di Lingkungan Unpad

 
Pelatihan-Humas-1

Peserta sedang berlatih menulis berita dan siaran pers, di Laboratorium Media dan Newsroom Fikom Unpad.

JATINANGOR – Dalam rangka meningkatkan fungsi Humas Fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran, UPT Humas Unpad mengadakan Pelatihan Layanan Berita. Selama dua hari, Rabu dan Kamis, 1-2 Juli 2015, sebanyak 16 orang perwakilan humas fakultas dan 1 orang perwakilan humas pascasarjana Unpad dibina untuk mengembangkan website masing-masing. Pelatihan diselenggarakan di Laboratorium Media & Newsroom Fikom Unpad dengan para pemateri para dosen Fikom Unpad.

 
Pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hukum dan Tata Kelola Unpad, Slamet Suprapto, S.Sos., M.Si. dan Kepala UPT Humas Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si.

 
“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para personal Humas Fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran serta meningkatkan jejaring kehumasan dalam memanfaatkan media website”, jelas Soni.

 
Pelatihan hari pertama digelar di Laboratorium Media dan Newsroom Fikom Unpad. Peserta pelatihan diberikan materi penulisan berita dan press release oleh Pemimpin Redaksi Website Fikom Unpad, Dr. Aceng Abdullah, M.Si. Para peserta juga secara langsung berlatih keterampilan menulis berita.

 
Lalu dilanjutkan dengan materi reportase (teknik pencarian data dan informasi) yang disampaikan oleh Kalab Multimedia dan Newsroom Fikom Unpad, Gumgum Gumilar, S.Sos., M.Si.
“Banyak hal yang dapat dijadikan berita untuk artikel website, seperti kegiatan mahasiswa, prestasi mahasiswa, prestasi dosen, seminar di fakultas, kunjungan dari sekolah atau universitas, dan kegiatan lain yang mempunyai nilai berita”, papar Gumgum.

 
Materi terakhir mengenai fotografi kehumasan disampaikan oleh Syauqi Lukman, S.Sos, MSi dari Prodi Humas Fikom Unpad.

 
Pada hari kedua, pelatihan diadakan di Ruang Rapat Bersama Lt.1 Rektorat Unpad. Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si menjelaskan dinamika berita rektorat dan fakultas.

 
Soni juga memaparkan IKK Humas Unpad tahun 2015, mulai dari peningkatan layanan langsung, diskusi dan konferensi pers, TV, radio, siaran pers, website, dan peningkatan kapasitas kehumasan lainnya.

 
“Harapannya semoga Humas Unpad dapat mengadakan interdependensi dan kolaborasi dengan Humas Fakultas”, tutur Soni. (Margaretha Sinaga).