Pemimpin Itu Harus Amanah

 

Tausiah-1

JATINANGOR – Pemimpin itu harus amanah, apalagi kalau pemimpinnya seorang Muslim, karena Muslim yang baik adalah muslim yang bisa menjaga amanah.

 
Ustad Dr.Achmad Humaedi MSi mengungkapkan hal itu ketika tampil dalam acara tausiah bulanan yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, Rabu (13/1) di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad Jatinangor. Acara tausiah ini sekaligus sebagai pembuka acara pisah sambut antara dekan lama Prof. Deddy Mulyana MA,PhD kepada dekan baru Fikom Unpad Dr.Dadang Rahmat Hidayat,S.Sos, SH, MSi.

 
Menurut Ahum, panggilan Achmad Humaedi, sedikitnya ada 30 definisi tentang amanah, namun definisi yang paling disukai oleh para ulama adalah amanah dalam arti “Orang yang tidak khianat”

 
Orang amanah itu, lanjut Ahum harus ikhlas dan tahan kritik. “Jika seorang pemimpin tidak mau dikritik, berarti dia tidak ikhlas. Itu artinya bukan pemimpin yang amanah” Ujarnya. Pemimpin yang hanya mencari keuntungan materi untuk dirinya sendiri, juga bukan pemimpin yang amanah.

 

Selain ikhlas, sambung Ahum orang amanah juga harus bertanggungjawab dan bisa bersyukur kepada Allah SWT. Berikutnya, ciri amanah itu adalah orang yang selalu bersungguh hati.

 
“Hidayah Allah hanya akan diberikan kepada orang yang sungguh hati” ungkapnya. (AA)