Prestasi Gemilang Warnai Dies Natalis Fikom Unpad ke-54

 
Dekan Fikom Unpad dalam acara Dies Fikom Unpad, Kamis (18/9). (Foto Suwito)

Dekan Fikom Unpad dalam acara Dies Fikom Unpad, Kamis (18/9). (Foto Suwito)

JATINANGOR– Beragam prestasi gemilang dipersembahkan civitas akademika Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran sepanjang 2013-2014. Dalam peringatan Dies Natalis FIKOM Unpad ke-54, Kamis (18/9) Dekan FIKOM Unpad Prof. Deddy Mulyana, MA. PhD memaparkan peringatan tahun ini Dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa mempersembahkan beragam prestasi tingkat nasional dan internasional.
“Prestasi yang diraih berskala internasional dan nasional. Ini sangat membanggakan. ” ujar Deddy Mulyana. Deddy menuturkan semua program studi di Fikom Unpad berakreditasi A berdasarkan penilaian BAN Dikti Kemendikbud. Bahkan Program Studi S2 adalah satu-satunya Program Studi S2 berkategori A di Indonesia.
” Informasi menggembirakan lainnya, selama setahun terakhir ini, tiga program studi yang telah lama berdiri telah mendapatkan izin resmi dari Dikti Kemendikbud, yakni Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Studi Jurnalistik, dan Program Studi Manajemen Komunikasi, lalu ditambah lagi dengan program studi terbaru yang juga telah mendapatkan izin, yaitu Program Studi Televisi dan Film,” jelasnya.
Dosen-dosen Fikom Unpad cukup berprestasi di berbagai tingkatan. Prof. Deddy Mulyana terpilih sebagai penerima ASEAN award untuk kategori managerial PR bagi akademisi ASEAN. Tiga tim Fikom mendapatkan penghargaan Myung Seok Park Award, yakni Nuning Kurniasih, Neneng Komariah dan Saleha Radiah (Dosen Prodi Perpustakaan) untuk kategori Top Conference Paper, Nunik Maharani dan Rinda Aunilah Sirait (Dosen Prodi Jurnalistik), serta Roro Wulan (mahasiswa S3) untuk kategori Good Oral Presentation.
Sejumlah dosen Fikom juga telah menjadi pembicara dalam berbagai seminar internasional di luar negeri. Pertukaran dosen juga telah kami lakukan. Fikom mengirimkan Dr. Eni Maryani untuk menjadi peneliti tamu di Universitas Paris II selama 2 bulan, September-November 2014.

 

Kunto Adi Wibowo yang sudah berangkat ke Amerika Serikat (Wayne State University) di Detroit dengan beasiswa Fulbright dan empat orang lagi yang semuanya mendapatkan beasiswa dari Kemendikbud, yakni Dandi Supriadi yang akan segera berangkat ke Gloucestershire University, The United Kindom; Herika Rainathami, Nurmaya Prahatmaja, dan Elnovani Lusiana yang akan studi di Universitas Leiden, Belanda. Tak lama lagi sejumlah dosen juga dalam waktu dekat akan melakukan training dalam berbagai bidang ke luar negeri, antara lain ke Belanda dan Australia.
Yulianti, pustakawan Fikom terpilih mewakili Jawa Barat ke ajang pemilihan pustakawan Perpusnas berprestasi tingkat nasional tahun ini, setelah tahun lalu juga trpilih sebagai Pustakawan Terbaik peringkat ke-3 tingkat nasional yang diselenggarakan Dikti Kemendikbud.
Dalam aspek penyelenggaraan, Mulyana menambahkan, FIKOM Unpad dinobatkan sebagai penyelenggaraan Konvensi PACA terbaik. terbilang sangat sukses. Acara tersebut diikuti sekitar 300 peserta dari 14 negara yang membahas sekitar 250 makalah.
Mulyana menjelaskan beberapa catatan prestasi yang telah ditorehkan oleh para mahasiswa Fikom dalam setahun terakhir ini, diantaranya: di bidang research competition, PR competition dan kejuaraan olah raga. “Selain itu jumlah mahasiswa Fikom Unpad yang berangkat ke luar negeri tahun ini mencapai 38 orang, dengan jumlah kunjungan tertinggi ke Taiwan (12 orang), Bulgaria (4), Amerika Serikat (4), Jepang (3), Inggris (3), Korea (2), Turki (2), Filipina (2).” (RAS)