PRESTASI MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FIKOM DI PEMILIHAN DUTA PERPUSTAKAAN JAWA BARAT 2018

 

JATINANGOR – Dede Agussalim atau biasa disapa Agus merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan asal Kota Tasikmalaya angkatan 2015 yang berhasil meraih juara harapan 1 Duta Perpustakaan Jawa Barat 2018 yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Provinsi Jawa Barat. Kompetisi ini diadakan di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor dari tanggal 27 – 29 maret 2018.

Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat 2018 ini, tema yang ditentukan oleh panitia adalah Duta Perpustakaan Membangun Masyarakat Jawa Barat Yang Literet. Pada kompetisi ini Agus membuat presentasi terkait Kolaborasi antar stakeholder (pemerintah, akademisi, wirausahawan dan komuitas)  dalam memaksimalkan peran dan fungsi perpustakaan untuk membangun masyarakat yang literet.

Peserta yang mengikuti kompetisi ini berjumlah 54 orang yang berasal dari berbagai daerah dan kampus di Jawa Barat. Selama tiga hari karantina berlangsung 54 peserta tersebut mengikuti seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, tes tulis 1 dan 2 serta presentasi karya tulis.  Sesi ini menyaring 54 peserta menjadi 20 besar. Kemudian setelah 20 besar penyaringan tahap 2 dilakukan sesi tanya jawab dengan para juri sampai menjadi 10 besar. Di tahap akhir 10 besar yang terdiri 5 putra dan 5 putri melakukan tes tulis dan tanya jawab terbuka sampai penentuan juara. Untuk juara 1 putra dan putri dimenangkan oleh M.Akbar Selamat dari Kota  Bandung dan Inggri D. Rahesi dari Kota Tasikmlaya, kemudian juara 2 putra dan putri yaitu Imam M. Agung dari Kab.Kuningan dan Ulfah dari Kab.Bandung Barat, selanjutnya juara 3 putra dan putri  yaitu Asep Rohim dari Kota Bandung dan Juwita Nur Jasiah dari Kota Bandung, kemudian juara harapan 1 puta dan putri yaitu Dede Agussalim dari Kota Tasikmalaya dan Fajar Meiyanti dari Kab. Subang, kemudian juara harapan 2 putra dan putri yaitu Nuryaman dari Kab.Sukabumi dan Resty Yuliani daro Kab.Bandung Barat. Para peserta yang terpilih menjadi pemenang bertugas untuk mensosialisasikan sekaligus menjadi Duta Perpustakaan Jawa Barat.

Juri pada pemilihan ini terdiri dari 5 orang yang diketuai oleh Dra. Wina Erwina, M.A., yang merupakan Dosen UNPAD dan Ketua Dewan Perpustakaan Jawa Barat , Kemudian empat juri lainnya yaitu Dr. Titin Nurhayati M.Pd., Dosen UNPAS, kemudian Suherman., M.Si., Pustakawan Ahli LIPI, selanjutnya H. Billy M. Sobirin, S.S., Direktur Radio dan Dosen UNPAD, serta Bapak Soni Senjaya M.Ikom., Dosen dan Praktisi. (Dede A.)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.




Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu