Prodi Humas Fikom Unpad, Meriahkan “Unpad Super Camp” di Pangandaran

 

Supercamp

PANGANDARAN – Universitas Padjadajaran bekerjasama dengan pihak Pemkab Pangandaran, Pemprov Jabar, dan instansi lainnya, Tanggal 13 – 14 Agustus lalu menyelenggarakan kegiatan dengan tema “kapakidulan mapag kamaslahatan”. Kegiatan ini bertajuk Unpad Super Camp 2016.

Kegiatan ini melibatkan unsur pimpinan universitas, pimpinan fakultas, prodi dan mahasiswa sebagai pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat, yang dipusatkan di kecamatan Cimerak dengan berbagai jenis kegiatan pengabdian seperti layanan kesehatan gratis, penyuluhan/promosi kesehatan, pelatihan di bidang sosial dan komunikasi. Acara dibuka oleh Gubernur Ahmad Heryawan dihadiri oleh unsur muspida Pemprov Jabar, Pemkab Pangandaran, dan pimpinan serta civitas akademika Universitas Padjadjaran.

Prodi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad diberi kepercayaan untuk mengisi program  workshop dan bimbingan teknis tentang upaya membangun hubungan media yang efektif bagi aparatur sipil negara di wilayah kabupaten Pangandaran. Adapun narasumber dalam workshop kali ini menghadirkan para pimpinan yaitu Dekan, Wakil Dekan I, Manajer  Riset dan Inovasi, Manajer Kerjasama, Manajer Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua dan tim dosen Prodi Hubungan Masyarakat dan prodi Jurnalistik serta 4 orang mahasiswa sebagai fasilitator kegiatan.

Kegiatan PKM ini diikuti para aparatur Pemkab Pangandaran setingkat eselon II dan III yang dilaksanakan di aula kantor Bupati Pangandaran. Adapun dalam sambutan pembukaan pelatihan ini diwakili oleh FX. Ari Agung Prastowo, M.I.Kom. yang menyampaikan tujuan pelaksanaan PKM pada tahun ini yang dikaitkan dengan program Unpad Nyaah ka Jabar.

“Program PKM ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh segenap civitas prodi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad sebagai bentuk tanggungjawab tridarma perguruan tinggi serta pola ilmiah pokok bina mulya dan lingkungan oleh Unpad terhadap publiknya”, ujar Ari.

Kasubbag bidang Sandi dan Telekomunikasi Humas Seretariat Daerah kab. Pangandaran menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas hadirnya pelatihan kehumasan ini yang diakukan oleh pihak Unpad.

“Sebagai pegawai negeri sipil yang bertugas menangani pada bidang kehumasan maka kami selanjutnya ke depan membutuhkan suatu bimbingan teknis yang intens dari pihak prodi Humas yang telah kredibel dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal di bidang kehumasan untuk kami jadikan bekal pengetahuan dalam mempraktekkan menjalin hubungan baik dengan pihak media khususnya” kata Dede.

Pelaksanaan PKM ini terdiri atas 3 tema yaitu tentang “Pelatihan Pengelolaan Informasi yang Memiliki Nilai Berita” dengan pemateri Kokom Komariah, M.Si dan Aat Ruchiat Nugraha., M.Si, yang dilanjutkan dengan sesi II tentang “Presentasi yang Efektif” yang disampaikan oleh Dr. Agus Rahmat., M.Pd dan FX. Ari Agung Prastowo, M.I.Kom, dan sesi III tentang penyampaian materi “Mengelola Hubungan Baik dengan Media” yang disampaikan oleh Dr. Susie Perbawasari, M.Si., Anwar Sani, M.I.Kom., serta dipungkas oleh Abie Besman, M.I.Kom. yang menyampaikan diskusi tentang manajemen hubungan baik dengan media dari perspektif Jurnalis. (ARN)