Prodi Humas Fikom Unpad Raih Akreditasi “A”

 

Foto Profil

JATINANGOR – Berkat kerja keras semua pihak, Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran berhasil mendapatkan akreditasi peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhitung 23 Juni 2016 sesuai dengan SK No.1056/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 yang berlaku sampai dengan 23 Juni 2021. Sebagai Prodi yang baru berdiri secara de jure pada tanggal 13 November 2013 sesuai SK Dirjen Dikti, sebelumnya prodi Humas peringkat akreditasinya adalah C.

Menurut Kaprodi Humas, Dr. Susie Perbawasari,MSi,  nilai akreditasi ini merupakan salah satu persyaratan satuan pendidikan untuk dapat mengeluarkan sertifikat atau ijasah. Akreditasi juga merupakan bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang bertugas melakukan akreditasi perguruan tinggi sejak tahun 1994.

Dengan diperolehnya akreditasi dari BAN-PT, lulusan Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) Fikom Unpad akan lebih mudah mengisi kesempatan untuk bekerja pada sektor kehumasan/komunikasi yang lebih profesional yang dilengkapi dengan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komunikasi/Kehumasan Fikom Unpad. Jelang era MEA, lowongan pekerjaan untuk bidang kehumasan/komunikasi dari beberapa perusahaan multinasional dan lembaga pemerintahan mensyaratkan program studinya minimal B bahkan harus A.

“Bahkan, untuk bisa memperoleh posisi dan wewenang tertentu di bidang kehumasan (level manajer), pada beberapa perusahaan besar diutamakan praktisi komunikasi/kehumasan yang berasal lulusan dari program studi yang sudah memperoleh akreditasi A yang tersertifikasi”, ujar Sekretaris Prodi Humas Aat Ruchiat Nugraha,Ssos, MSi.

Usaha akreditasi ini, sambung Aat, dimulai pada tahun 2014 sejak kepemimpinan Prodi Humas dipegang Trie Damayanti, S.Sos., M.Si dan Dr. Yanti Setianti, S.Sos., M.Si. yang kemudian dilanjutkan oleh kepemimpinan Dr. Susie Perbawasari, M.Si.

Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. sebagai penanggungjawab penyusunan Borang Akreditasi 3A dan 3B dan menyampaikannya ke BAN-PT pada Maret 2016. Selanjutnya, pada tanggal 1-3 Mei 2016 permohonan akreditasi prodi Humas disetujui oleh BAN-PT dengan asesor Dr. Turnomo Rahardjo dari Universitas Diponegoro dan Dr. Catur Suratnoadji, M.Si dari UPN Veteran Surabaya untuk melakukan visitasi dan verifikasi atas borang (self study report) yang dilakukan selama 3 hari di kampus Fikom Unpad melalui pemeriksaan dokumen-dokumen pendukung proses belajar mengajar (portofolio perkuliahan), peninjauan fasilitas program studi, dan tatap muka dengan pimpinan fakultas,  dosen, mahasiswa, alumni, dan dunia industri sebagai pengguna lulusan (User).

Dalam proses perjalanan mendapatkan akreditasi dari BAN-PT ini, ujar Aat jelas sekali bahwa hubungan erat antara dunia akademik-industri-pemerintah-alumni sangat diperlukan untuk mensinergikan visi dan misi capaian kualitas lulusan di bidang kehumasan yang lebih berkualitas.

Atas raihan nilai akreditasi ini, pimpinan program studi mengucapkan banyak terima kasih kepada kepada berbagai pihak yang telah membantu hingga tercapainya nilai A untuk prodi Humas ini, terutama kepada Rektor dan Wakil Rektor Unpad, Ketua dan sekretaris Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Unpad, Dekan dan Wakil Dekan Fikom serta para Ketua Program Studi di lingkungan Fikom;

Ucapan terima kasih ditujukan juga kepada Kepala Unit Penjamin Mutu (UPM) Fikom, para Manajer, Kepala Tata Usaha, kasubbag di lingkungan Fikom, para dosen Prodi Humas dan dosen Fikom Unpad, para Kepala Laboratorium,Staf  khusus Dekan, UPT Perpustakaan Fikom Unpad, para Ketua Pusat Studi di lingkungan Fikom, para tenaga kependidikan, para mahasiswa prodi Humas serta para alumni Prodi Humas yang tergabung dalam Ikatan Alumni Humas.

“Tanpa partisipasi dan segala dukungannya dari unsur pimpinan universitas, fakultas, dan unsur stakholders lainnya, kami bukanlah apa-apa dan semoga nilai akreditasi yang kami peroleh ini dapat membawa kemaslahatan bagi kita semua”. Ujar Aat (ARN).