Prodi Humas Fikom Unpad Selenggarakan Worshop Sertifikasi Asesor Kompetensi

 

Prodi-Humas-edit-1BANDUNG – Program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad menyelenggarakan kegiatan workshop pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations (LSP-PR) dan sertifikasi asesor kompetensi bidang kehumasan bagi para dosen, 1-5 Des di Wisma Unpad. Kegiatan workshop ini diikuti oleh para dosen prodi Hubungan Masyarakat yang berjumlah 20 orang dengan narasumber dan sekaligus sebagai fasilitator Endang Irwansyah dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

Menurut Koord Prodi Humas, Trie Damayanti, ke depannya LSP-PR ini akan menjadi lembaga yang dapat mengsertifikasi yang berasal dari kalangan internal, yaitu para alumni prodi Humas Fikom Unpad yang berkaitan dengan kemampuan teknis di bidang kehumasan. Workshop ini merupakan bagian dari program kerja program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad tahun 2014 dalam upaya memperkuat aspek akademis dan implementasi profesi Humas di dunia praktis. Sedangkan tujuan dari penyelenggaraan workshop pembentukan LSP-PR dan sertifikasi asesor kompetensi yaitu terwujudnya lembaga dan asesor independent dari prodi Humas Fikom Unpad yang bertugas untuk menilai kompetensi para alumninya di bidang kehumasan secara profesional, kompeten dan kredibel.

 

Pelaksanaan kegiatan workshop ini terdiri atas tiga tahapan yaitu workshop I membahas mengenai pelatihan calon asesor kompetensi dilaksanakan pada 1-5 Desember, workshop II membahas mengenai penyusunan standar kompetensi bidang kehumasan yang akan dilaksanakan pada 22-24 Desember dan workshop III yang merupakan tahap akhir, yaitu membahas mengenai konsultasi management organisasional lembaga sertifikasi profesi public relations Fikom Unpad (LSP-PR) yang akan dilaksanakan pada  26-27 Desember. Workshop ini terselenggara atas kerjasama program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 
Pada hari pertama, materi yang disampaikan oleh narasumber mengenai aspek hukum dan pentingnya LSP bagi perkembangan profesi yang ada di Indonesia. kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang perencanaan dan pengorganisasian asesmen, pengembangan perangkat asesment dan role play mengases kompetensi di bidang kehumasan bagi para mahasiswa semester akhir sebagai asesi (peserta yang akan diuji). Sedangkan 4 hari terakhir diisi dengan pembuatan bahan portofolio dan role playing kegiatan asesement antara dosen prodi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad dengan para mahasiswa semester akhir (angkatan 2012) sebagai asesor dan asesi.

 

Kegiatan role playing ini langsung mendapatkan pengawasan dari pihak BNSP yang datang secara sengaja untuk memantau pelaksanaan workshop sertifikasi asesor kompetensi di bidang kehumasan. Setelah selesainya tahapan workshop I ini, maka tugas selanjutnya dari para peserta yaitu mempersiapkan, merencanakan dan membuat perangkat asesmen bidang kehumasan yang memenuhi standar kurikulum prodi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad, SKKNI, maupun standar-standar kompetensi kehumasan yang berasal dari para user (dunia usaha) dan lembaga asosiasi profesi kehumasan.

 

Adapun saran dan harapan asesi tentang workshop ini yaitu mereka (mahasiswa semester akhir angkatan 2012) apabila LSP-PR ini sudah terbentuk agar dapat menjadi LSP yang kompeten, kredibel, profesional dan sebagai LSP percontohan bagi perkembangan prodi-prodi humas yang ada di Indonesia. (ARN)