Prodi Ilmu Perpustakaan Fikom Unpad Gelar Pelatihan Literasi Informasi bagi Guru Pustakawan SD se-Jatinangor

 

PKM-Ilpus-Hanna-Latuputty-edit

JATINANGOR – Salah satu tim Pengabdian pada Masyarakat Prodi Ilmu Perpustakaan Fikom Unpad, pada Jumat (19/8) lalu mengadakan program kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Prioritas Unpad untuk para guru pustakawan se-Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat di Ruang Rapat Pascasarjana Fikom Unpad dan Perpustakaan Fikom Unpad.

Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom Unpad, Dr. Agus Rusmana, M.A. Dalam sambutannya Agus mengharapkan para guru pustakawan yang ada di Jatinangor memiliki kompetensi yang sama dengan pustakawan lainnya sehingga dapat bersaing dalam berbagai ajang kompetisi maupun pemilihan pustakawan berprestasi.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam PPM Prioritas ini berupa peningkatan “Kemampuan Literasi Informasi bagi Guru Pustakawan Sekolah Dasar” dengan tim yang beranggotakan Andri Yanto, S.Sos., M.I.Kom., Dr. Agus Rusmana, M.A., Dr. Hj. Tine Silvana R., M.Si., Drs. H. Dian Sinaga, M.Si., dan Rully Khairul A., S.Ag., M.Si.

Selain itu PPM Prioritas ini melibatkan juga Narasumber dari Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI) Hanna Chaterina George, S.S, M.I.Kom. serta 4 orang fasilitator dari APISI, yaitu Francisca Messakh, Alex Messakh, Afiyon Kristiyan dan Ahmad Sofyan untuk mendampingi para peserta.

“APISI berharap para peserta mengimplementasikan apa yang sudah diperolehnya pada pelatihan literasi informasi ini di perpustakaan sekolah masing-masing”, papar Hanna yang juga sebagai Ketua APISI.

Acara ini diikuti oleh 16 Perwakilan SD yang ada di wilayah Jatinangor dan 1 orang perwakilan dari UPTD Kec. Jatinangor. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini mulai dari sesi pemaparan materi, praktik dan simulasi mendongeng, membuat program perpustakaan secara berkelompok. Para peserta juga melakukan orientasi perpustakaan (library orientation) ke Perpustakaan Fikom Unpad sebagai bahan persiapan pembuatan program perpustakaan.

Di akhir kegiatan Hanna yang juga sebagai Regional Director for ASIA, IASL (International Association of School Librarianship) menyatakan, inisiatif positif dari Prodi Ilmu Perpustakaan Fikom Unpad dalam mewujudkan Pengabdian pada Masyarakat patut didukung sebagai bukti partisipasi aktif pihak akademisi pada perkembangan pendidikan di lingkungan sekitarnya.

“Lebih jauh, Fikom  Unpad dapat memberikan masukan riil pada pemangku kepentingan di sekolah-sekolah untuk memberikan kesempatan seluas luasnya bagi perpustakaan sekolah dan pustakawannya untuk lebih berkembang dan berkontribusi langsung lewat program-program perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kecintaan membaca dan kemampuan literasi informasi bagi para siswanya” ujarnya. (Andri Yanto)