Prodi Mankom Adakan Kuliah Umum “Learning From The Best Practices”

 
Trisia Megawati, (tengah) Senior Manager Corporate Communications PT April/RAPP. (Foto Suwito).

Trisia Megawati, (tengah) Senior Manager Corporate Communications PT April/RAPP. (Foto Suwito).

JATINANGOR– Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad, Rabu (04/8) menyelenggarakan kuliah umum bertajukĀ  Managing Corporate Communication, Learning From The Best Practices bersama PT Riau Andalan Pulp & Paper di Ruang Oemi Abdurachman kampus Fikom Unpad Jatinangor.

 
Seminar ini merupakan kerjasama antara Program Studi Manajemen Komunikasi (Mankom) Fikom Unpad dengan PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP). Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia kerja. Peserta kegiatan iniĀ  adalah mahasiswa Manajemen Komunikasi angkatan 2012 dan 2013. Acara dibuka oleh Sekretaris Jurusan Prodi Mankom Ira Mirawati, S.Sos., M.Si. Hadir juga dosen senior Prodi Mankom Dr.H.Antar Venus,MA.Comm.

 
Tampil sebagai pembicara Senior Manager Corporate Communication PT RAPP Trisia Megawati yang juga alumni Prodi Mankom. Trisia telah lama berkecimpung di dunia kerja profesional. Trisia membagikan tips and trik bagi mahasiswa Mankom untuk mempersiapkan diri di dunia kerja, salah satunya adalah menghargai setiap proses yang dialami. Selain itu, Trisia juga memaparkan bagaimana seorang praktisi komunikasi menangani permasalahan dan juga krisis yang ada di perusahaan, kemudian membuat rencana untuk mencapai tujuan, dan juga bagaimana membuat strategi komunikasi yang efektif.

 
Peserta seminar sangat antusias dan partisipatif. Hal tersebut ditandai oleh banyaknya penanya setelah materi disampaikan. Soraya Sri Anggarawati bertanya bagaimana cara mengatur waktu agar dapat menyeimbangkan antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Menurut Trisia, mahasiswa harus dapat membuat skala prioritas untuk dapat memilih kegiatan yang dapat mengembangkan softskill. Selain itu, lanjutnya, mahasiswa harus menghindari berbagai kegiatan yang tidak perlu.

 
Trisia berharap, dengan kegiatan ini, mahasiswa komunikasi mempunyai gambaran mengenai dunia kerja agar dan dapat mempersiapkannya dengan matang. Ia juga menuturkan kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi dan juga sharing pengalaman alumni yang harus dikembangkan untuk memperluas jaringan.(Ryan Putra Gushendra)