Prodi Mankom Bangun Website Konsultasi Remaja

 
Ira Mirawati (Foto Koleksi Pribadi).

Ira Mirawati (Foto Koleksi Pribadi).

JATINANGOR- Dua peneliti dari Prodi Manajemen Komunikasi, yakni Ira Mirawati, S.Sos., M.Si., dan Pramono Benyamin, Drs., M.Pd., melalui penelitian PNBP Fikom Unpad 2014 bertajuk “Pengembangan Media Konsultasi Online sebagai Upaya Penanganan Masalah remaja di Kota Bandung” berhasil mengembangkan website konsultasi remaja. Website yang diberi nama “Sobatmu.com” dirancang dengan memperhatikan tingginya akses para remaja terhadap internet serta adanya kebutuhan para remaja untuk dapat mengonsultasikan segala permasalahannya.

Menurut Ira Mirawati, nama Sobatmu diperoleh melalui FGD dengan para remaja, merupakan akronim dari “Sahabat Obrol Atasi Masalahmu”. Website konsultasi yang dapat diakses melalui www.sobatmu.com ini memiliki layanan konsultasi publik atau pun privat. Konsultasi publik merupakan konsultasi yang melibatkan pengunjung lainnya untuk ikut memberikan masukan, sementara konsultasi privat atau rahasia adalah konsultasi remaja yang hanya akan diketahui oleh konsultan yang terlibat di Sobatmu.

Para konsultan yang terlibat di sobatmu, lanjut Ira, adalah para pakar di bidangnya masing-masing, meliputi komunikasi, kesehatan, keuangan, pengembangan minat dan bakat, termasuk pula keagamaan. Mereka di antaranya adalah Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si, Dr. Antar Venus, M.A.Comm, Hadi Suprapto Arifin, M.Si, Mira Trisyani MSN, Kismiyati El Karimah, M.Si., Detta Rahmawan, M.Comm, Meria Octavianti, M.Si, Firmansyah Safari, ST., dan tentu saja Ira Mirawati,MSi dan Pramono Benyamin,MPd.

Para remaja yang akan berkonsultasi akan diminta untuk membuat akun dan menyimpan profil mereka, namun data yang ada di dalamnya, kecuali alamat email, adalah data yang boleh disamarkan. Pembolehan data samaran ini dimaksudkan untuk membuat para remaja tidak takut untuk curhat dan berkonsultasi.

“Dengan adanya akun ini, remaja akan memiliki riwayat konsultasinya dari awal, yang dapat dia baca kembali kapan pun” ungkap Pramono. Setiap mereka berkonsultasi, jawaban akan secara otomatis dapat diketahui karena akan ada notifikasi ke email mereka masing-masing, sehingga mereka tidak perlu bolak-balik mengecek apakah sudah ada balasan atau belum. “Selain curhat dan konsultasi, para remaja juga dapat menceritakan kisah inspiratif atau pengalaman mereka untuk dibaca oleh remaja lainnya” timpal Ira.

“Dengan hadirnya sobatmu.com, diharapkan menjadi salah satu solusi bagi para remaja untuk berkonsultasi bila kesulitan untuk memecahkan masalahnya seorang diri”. Ujar Pramono Benyamin. (IM/AA)