D4 – VOKASI

“Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Manajemen Produksi Media dan mampu bersaing di tingkat nasional, regional, maupun internasional pada tahun 2026”.

S1 – SARJANA

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi unggulan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Berbekal pengalamannya, Program Studi Ilmu Komunikasi terus tumbuh menjadi program studi yang paling diminati di Universitas Padjadjaran.

Mahasiswa yang mengambil studi pada program studi ilmu perpustakaan Fikom Unpad akan mempelajari dan memilki kompetensi dalam bidang pengelolaan berbagai sumber daya informasi seperti bahan pustaka, data, arsip, dokumen, pengetahuan dan berbagai jenis, format maupun kemasan informasi lainnya. Tidak hanya itu, mereka juga dituntut untuk dapat mengelola berbagai jenis lembaga informasi seperti perpustakaan, pusat informasi, pusat dokumentasi, lembaga atau unit arsip bahkan museum. 

Program Studi Jurnalistik akan membekali lulusannya dengan pengetahuan khusus (pengetahuan jurnalistik, pengetahuan tentang konsep penelitian sosial dan pengetahuan pendukung yang relevan), keterampilan (manajerial dan praktis) karakter lulusan yang memiliki idealisme yang kuat, mematuhi norma dan etika profesi, memiliki standar, ksitis dan skeptik, jujur, memiliki keingintahuan yang tinggi, berani menerima tantangan, disiplin dan mematuhi aturan profesi, memiliki keberanian dan berpikiran terbuka, serta kemampuan berkomunikasi dan melek teknologi untuk mengoptimalkan praktik jurnalistik

Program studi manajemen komunikasi (Communication management) adalah program studi yang memfokuskan kajiannya pada corporate and marketing communication. Prodi Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki keterampilan dasar komunikasi, memiliki kemampuan manajerial, memahami dan dapat mengaplikasikan aspek teoritis komunikasi, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, memiliki kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi dan mengembangkan alternatif solusi, merancang strategi komunikasi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi, dapat mempraktikkan komunikasi kepemimpinan, dapat mengelola program-program pengembangan sumber daya manusia komunikasi dalam perusahaan serta dapat mengaudit pelaksanaan komunikasi bisnis dan pemasaran.

Program studi Humas Fikom Unpad memiliki misi untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Hubungan Masyarakat untuk memenuhi kebutuhan SDM yang siap bersaing di Era Globalisasi, mengembangkan konsep-konsep (pendekatan teori dan praktek) yang efektif dalam membangun citra positif lembaga perusahaan atau pemerintah, dan mendukung kelancaran sistem nasional di dalam menyediakan tenaga ahli Hubungan Masyarakat.

Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, adalah institusi pendidikan yang berperan sebagai pusat pengembangan ilmu dan keahlian bidang televisi dan film yang menghasilkan sumber daya manusia profesional yang menjujung tinggi etika dan nilai budaya.

S2 – MAGISTER

“Menjadi penyelenggara Program Pendidikan Magister Ilmu Komunikasi yang terkemuka dan unggul baik di tingkat nasional maupun internasional pada tahun 2026”

S3 – DOKTOR

Program Doktor Ilmu Komunikasi adalah program doktoral dengan penekanan pada kajian-kajian spesifik dalam rumpun komunikasi, sebagai jenjang pendidikan yang paripurna di bidang Ilmu Komunikasi. Dengan kurikulum yang menitikberatkan aspek riset, program doktoral Ilmu Komunikasi merupakan tempat berkembangnya konsep-konsep keilmuan dan teori-tori komunikasi terbaru bagi akademisi dan peneliti.