Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) Unpad adalah program studi yang berperan sebagai pusat pengembangan ilmu dan profesi Humas yang handal dan profesional, untuk mendukung ketersediaan tenaga Humas untuk memenuhi kebutuhan instansi, perusahaan, dan lembaga yang terkait. Berorientasi pada pemberdayaan masyarakat madani (civil society) di era globalisasi.

Program studi Humas Fikom Unpad memiliki misi untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Hubungan Masyarakat untuk memenuhi kebutuhan SDM yang siap bersaing di Era Globalisasi, mengembangkan konsep-konsep (pendekatan teori dan praktek) yang efektif dalam membangun, mengelola dan memelihara citra positif dan reputasi positif lembaga, organisasi, perusahaan atau pemerintah, dan mendukung kelancaran sistem nasional di dalam menyediakan tenaga ahli Hubungan Masyarakat.

Website Prodi Humas

 

Visi dan Misi Program Studi Hubungan Masyarakat

A. Visi

“Menjadi Program Studi yang memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu Hubungan Masyarakat dan menjadi pusat studi Hubungan Masyarakat yang diakui di tingkat lokal, nasional, maupun internasional serta mampu beradaptasi terhadap perubahan di tingkat lokal, nasional, dan internasional di tahun 2026″

B. Misi

  1. Mengembangkan pembelajaran keilmuan Hubungan Masyarakat yang bermutu serta mengikuti perkembangan jaman untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Hubungan Masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian yang menitikberatkan pada isu-isu perkembangan Hubungan Masyarakat dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pembelajaran dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat.
  4. Mengembangkan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).
  5. Menjalin hubungan kerjasama strategis dengan masyarakat, pemerintah, industri bisnis, institusi pendidikan, serta perguruan tinggi lain baik didalam negeri maupun luar negeri secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan dan menjalin hubungan kerjasama strategis dengan masyarakat, pemerintah, bisnis dan industri, institusi pendidikan, serta perguruan tinggi lain baik didalam negeri maupun luar negeri secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan dan saling percaya.

Profil Lulusan

  • Public Relations Officer/Corporate Communication Officer
  • Event Organizer
  • Konsultan Public Relations (PR Consultant)
  • Publicist

 

 

Capaian Pembelajaran

1. Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasayarakat, berbangsa, benrnegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memeiliki nasionalisme dan rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepeduliaan terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dengan menghasilkan karya kehumasan yang tidak memberikan dampak yang dapat menimbulkan keresahan khalayak, karena bertentangan dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku.
  12. Mengkolaborasikan semangat multidisiplin dan berinteraksi dengan masyarakat

2. Penguasaan Pengetahuan

  1. Konsep teoritis teori excellence, persuasi, komunikasi massa, komunikasi public, dan relationship;
  2. Model-model hubungan masyarakat;
  3. Pengetahuan kontekstual tentang posisi, fungsi dan praktik humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah, swasta, atau lembaga swadaya masyarakat;
  4. Etika dalam membangun dan melestarikan hubungan masyarakat dan nilai-nilai kemanuasiaan (humanity values);
  5. Kaidah, prinsip, dan Teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi dan budaya;
  6. Prinsip dan isu terkini dalam ekonomi, politik, social, ekologi, perkembangan teknologi terbaru dan terkini secara umum;
  7. Prinsip dan Teknik komunikasi menggunakan teknologi terbaru dan terkini.

3. Keterampilan Khusus

  1. Mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi program hubungan masyarakat dalam berbagai bentuk pada berbagai jenjang organisasi;
  2. Mampu menciptakan pengertian public yang lebih baik dan pencitraan yang tidak memberikan dampak yang dapat menimbulkan keresahan khalayak, karena bertentangan dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku, dalam upaya memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi melalu riset opini publik dan kampanye terbatas;
  3. Mampu mengelola media, menulis siaran pers dan program komunikasi kehumasan internal dan eksternal organisasi;
  4. Mampu membangun hubungan dengan komunitas, media, pemerintah, swasta, dan lembaga swadaya masyarakat dengan menggunakan keterampilan komunikasi dan memanfaatkan teknologi komunikasi terbaru dan terkini;
  5. Mampu mengidentifikasi, menganalisis isu-isu terkini yang strategis, dan menyusun alternative solusi di bidang kehumasan.

4. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tat acara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan kelompok hasil kerja sama dan kolaburasi dengan sesame mahasiswa berbagai disiplin ilmu yang melibatkan masyarakat desa.
  11. Mampu mengkoordinasikan beragam kegiatan di masyarakat desa melalui olah raga, kesenian dan kreativitas.

 

 


feliza

Dr. Feliza Zubair, M.Si

CSR
wawan

Dr. H. Wawan Setiawan, M. I.Kom

CSR
SUSANNE

Dr. Hj. Susanne Dida, M.M

Branding
DSC_2650_edit

Dr. Suwandi Sumartias, M.Si

PR Politik dan Pemerintahan
iriana

Dr. H. Iriana Bakti, M.Si

CSR
agus rahmat

Dr. Agus Rahmat, M.Pd

PR Politik dan Pemerintahan
WhatsApp Image 2019-11-24 at 00.37.45

Dra. Hj. Kokom Komariah, M.Si

CSR
DSC_2815_edit

Dr. Susie Perbawasari, M.Si

CSR
ECC05463-244D-48A5-BFC0-C9B501695118_4_5005_c

Dr. Rosnandar Romli, M.Si

CSR
Trie D

Trie Damayanti, S.Sos., M.Si

Branding
ECC05463-244D-48A5-BFC0-C9B501695118_4_5005_c

Dr. Yanti Setianti, M.Si

Branding
WhatsApp Image 2019-11-24 at 12.44.34 AM

Fajar Syuderajat, S.Sos., M.Si. (Psi)

Digital PR
WhatsApp Image 2019-11-24 at 12.11.57 AM

Anwar Sani, S.Sos., M.I.Kom

Branding
Hanny Hafiar-01

Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si

Branding
Evi Novianti

Dr. Evi Novianti, M.Si

PR pariwisata
ade kadarisman 1

Ade Kadarisman, S.Sos., M.T

PR pariwisata
WhatsApp Image 2019-11-26 at 11.59.49 AM

Centurion C Priyatna, M.Si., Ph.D

Digital PR
WhatsApp Image 2019-11-26 at 12.09.07 PM

Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si

PR Pemerintahan
Priyo Subekti

Priyo Subekti, S.Sos., M.Si

PR Politik
Heru Riyanto

Heru Rianto Budiana, S.Ag., M.Si

PR Pemerintahan
Yustika Sari-edit

Dr. Yustikasari, M.I.kom

Branding
Aat Ruchiat

Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si

Branding
DSC_2775_edit

FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos, M.I.kom

PR Politik
renata

Renata Anisa, S.Sos., M.M

Digital PR
Retasari

Retasari, S.I.Kom., M.I.Kom

Branding
WhatsApp Image 2019-11-26 at 11.58.34 AM

Achwan Noorlistyo A, S.I.Kom., M.I.Kom

Digital PR