Program Studi Magister Ilmu Komunikasi

Visi

“Menjadi penyelenggara Program Pendidikan Magister Ilmu Komunikasi yang terkemuka dan kompetitif baik di tingkat  nasional maupun international”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi dengan kurikulum yang fleksibel mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi serta dinamika masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan handal serta memiliki integritas tinggi dan unggul.
  3. Mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu komunikasi dengan pendekatan multi perspektif yang berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan masyarakat.
  4. Menjalankan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu komunikasi sesuai kebutuhan.

Kekhasan:

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi memiliki peminatan yang menjadi dasar keilmuan dan riset yang dilakukan para mahasiswa serta disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat.

 

Keunggulan:

  1. Setiap mahasiwa melakukan publikasi karya ilmiah pada seminar nasional/internasional di setiap akhir semester dimana beberapa karya ilmiah terpilih diakomodasi untuk diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi
  2. Setiap mahasiswa melakukan visit company/visit university untuk mendekatkan dengan realitas dunia kerja dan perbandingan kualitas pendidikan.
  3. Mengikutsertakan mahasiswa pada seminar internasional di Korea, Inggris, Erfurt Germany, Thailand, Singapore.
  4. Memenangkan beberapa penghargaan, seperti capaian di 20 finalis Blibli Big Start katagori kriya oleh Iqbal Syaefulloh mahasiswa Angkatan 2018; Juara 1 Lomba ALIA (Academic Library Innovation Award) tahun 2019 oleh Yanti Sundari mahasiswa Angkatan 2018. Serta publikasi ilmiah beberapa artikel mahasiswa pada jurnal internasional terindeks Scopus.

 

Program Magíster Ilmu Komunikasi harus lulus minimal telah menempuh minimal 43 SKS, yang terdiri dari 34 SKS matakuliah wajib umum, 9 SKS matakuliah pilihan konsentrasi. Mahasiswa yang dinyatakan lulus pada Program Magíster Ilmu Komunikasi yang berasal dari S1 Non Komunikasi wajib mengikuti kuliah pengantar Ilmu Komunikasi untuk menyamakan cara berfikir dan pemahaman konsep-konsep dasar ilmu komunikasi. Dalam perkuliahan Pengantar Ilmu Komunikasi tersebut membahas berbagai materi dasar komunikasi dengan 4 sub tema, yaitu: Konsep Dasar dan Taksonomi Komunikasi, Perkembangan Media dan Perubahan Sosial, Komunikasi Kontekstual, dan Penulisan Karya Ilmiah.

Dosen Pengampu

  1. Dr. Jenny Ratna Seminar, M.Si
  2. Dr. Agus Rahmat, M.Si
  3. Dr. Edwin Rizal, M.Si
  4. Dr. Evie Ariadne Shinto Dewi, M.Si
  5. Dr. Teddy Kurnia Wirakusumah, M.Si
  6. Centurion Chandra P, Ph.D.
  7. Dr. Elnovani Lusiana, M.Si

 

Info lebih lanjut,  berkenaan biaya perkuliahan dan pendaftaran dapat diperoleh dengan mengunjungi laman: http://fikom.unpad.ac.id/info-prodi-ilmu-magister-fikom-unpad/

Galeri kegiatan dapat diakses disini:

Jenny RS

Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si

Interpersonal Communication, Health Communication, Communication of Education
agus rahmat

Dr. Agus Rahmat, M.Si

CSR dan Komunikasi Lingkukngan
evie ariadne

Dr. Evie Ariadne Shinta Dewi

Komunikasi Politik, Public Relations
Elnovani

Dr. Elnovani Lusiana

Global Literacy, Public Relations in Library
Edwin rizal

Dr. Edwin Rizal

Disaster Management, information technology, media literacy, disaster mitigation
teddy kurnia

Dr. Teddy Kurnia Wirakusumah

Visual Communication, Advertising, Social Media Expert
WhatsApp Image 2019-11-26 at 11.59.49 AM

Centurion Chandra Priyatna, Ph.D.

Media and Cultural Studies, Public Relations, Digital Media, Digital Public Relations