Program studi manajemen komunikasi (Communication management) adalah program studi yang memfokuskan kajiannya pada corporate and marketing communication. Prodi Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki keterampilan dasar komunikasi, memiliki kemampuan manajerial, memahami dan dapat mengaplikasikan aspek teoritis komunikasi, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, memiliki kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi dan mengembangkan alternatif solusi, merancang strategi komunikasi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi, dapat mempraktikkan komunikasi kepemimpinan, dapat mengelola program-program pengembangan sumber daya manusia komunikasi dalam perusahaan serta dapat mengaudit pelaksanaan komunikasi bisnis dan pemasaran.

Bahan kajian utama prodi ini meliputi dasar manajemen, dasar komunikasi, komunikasi organisasional dan manajerial, teori komunikasi, teknologi komunikasi dan informasi, perencanaan program, strategi komunikasi pemasaran, dan metode penelitian.

Website Prodi Manajemen Komunikasi

Visi dan Misi Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjara

A. Visi

“Menjadi Program Studi yang unggul di bidang Manajemen Komunikasi dan memiliki komitmen tinggi serta mampu bersaing di tingkat nasional, regional serta internasional pada tahun 2026″

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang Manajemen Komunikasi yang berkualitas, profesional, dan beretika; yang unggul di bidang komunikasi strategis, komunikasi pemasaran dan manajemen media
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Manajemen Komunikasi yang berkualitas dan mampu menyelesaikan masalah di bidang Manajemen Komunikasi;
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berkualitas dengan mengimplementasikan keilmuan di bidang Manajemen Komunikasi
  4. Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance), yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil;
  5. Menjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan keterpercayaan.

 

Tujuan Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan manajemen yang menerapkan prinsip penjaminan mutu dan komunikasi pembelajaran yang dinamis.
  2. Menghasilkan lulusan yang yang memiliki integritas keilmuan dan bertindak etis dalam menerapkan Manajemen Komunikasi
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang Manajemen Komunikasi serta mampu memanfaatkan berbagai sumberdaya komunikasi dan menggunakannya untuk memecahkan masalah yang terkait dengan bidang Manajemen Komunikasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalankan profesi di bidang manajemen komunikasi dalam dinamika pembangunan di bidang komunikasi khususnya, dan umumnya di bidang sosial, budaya dan teknologi komunikasi.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk bekerja secara koperatif dengan berbagai pihak dalam memecahkan masalah dalam kerangka Manajemen Komunikasi.
  6. Menghasilkan penelitian di bidang Manajemen Komunikasi berkualitas dan dapat menjadi landasan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang Manajemen Komunikasi.
  7. Menghasilkan penerapan ilmu manajemen komunikasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)
  8. Menjalankan pengelolaan pendidikan di bidang manajemen komunikasi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dan tuntutan masyarakat.
  9. Menghasilkan kerja sama yang berkesinambungan dengan berbagai lembaga baik lembaga di dalam maupun di luar negeri untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Profil dan Kompetensi Lulusan Program Studi Manajemen Komunikasi

A. Profil

Lulusan Penyelenggaraan pendidikan di tingkat sarjana (S1) pada Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran diarahkan untuk menghasilkan 3 (tiga) profil lulusan, yaitu:

          1. Strategist Communication Officer: Ahli mengelola (merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan mengevaluasi) berbagai program komunikasi dalam konteks organisasi dan sosial
          2. Marketing Communication Officer: Ahli mengelola (merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan mengevaluasi) berbagai program komunikasi pemasaran
          3. Media Management Officer: Ahli dalam mengelola media terkait dengan perencanaan dan produksi dalam konteks organisasi dan sosial

B. Kompetensi

Lulusan Lulusan Program Studi (Sarjana) Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran diharapkan memiliki kompetensi pada bidang komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan manajemen media yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen komunikasi, strategi komunikasi, riset, dan produksi media komunikasi sehingga mampu mengimplementasikan ragam kegiatan komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan manajemen media dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Lulusan Program studi ini dapat bekerja sebagai manajer komunikasi pada instansi pemerintah maupun swasta serta organisasi masyarakat, konsultan komunikasi, praktisi di bidang kampanye sosial dan komunikasi pemasaran, dan juga tidak menutup kemungkinan untuk bidang lainnya. Lulusan Program Studi Manajemen Komunikasi dipersiapkan untuk bekerja sesuai dengan tuntutan profesional di bidang komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan manajemen media dengan cara membiasakannya selama kuliah mengenali, mengkaji, menganalisis, dan menyusun strategi komunikasi dalam menangani persoalanpersoalan organisasi dan sosial secara langsung maupun dengan menggunakan media cetak, audio, dan audio visual.

BEBA58C2-44FA-4418-BFAD-A226B8C3CE6B_4_5005_c

Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS.

Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Lingkungan, Komunikasi dan Perubahan Sosial
81F90A34-32E5-4D8F-A3F5-9F4AC9540EC3_4_5005_c

Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si

Komunikasi dan Perubahan Sosial, Komunikasi Kesehatan, Etika Komunikasi
23AFCACC-FC8B-446C-B950-4AC1188DDA8C_4_5005_c

Dr. Asep Suryana, Drs., M.Si

Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Kesehatan
8979E0F5-2996-40AA-80DF-8791BD7179C8_4_5005_c

Duddy Zein, Drs., M.Si

Komunikasi Massa, Komunikasi dan Perubahan Sosial, Komunikasi Pemasaran
A0BF0B24-784E-4F63-9BF2-9CB2F1785AF7_4_5005_c

Dr. Slamet Mulyana, Drs., M.I.Kom

Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, Komunikasi dan Perubahan Sosial
EFC45E01-27A4-4740-9B6E-E753432E90C1_4_5005_c

Dr. Atwar Bajari, M.Si

Komunikasi dan Perubahan Sosial, Komunikasi Pembangunan, Teknologi Komunikasi
E7D65B68-92B8-4F91-8D76-EDBE35683CFF_4_5005_c

Dr. Dadang Sugiana, Drs., M.Si

Komunikasi Pembangunan, Komunikasi dan Perubahan Sosial, Pelatihan dan Konsultasi Komunikasi
B5A5B200-5220-49E2-94D4-1AEF01E793CB_4_5005_c

Dr. Eni Maryani, M.Si

Kajian Media dan Budaya, Komunikasi dan Gender, Kebijakan dan Manajemen Media
F8ED05A1-ED88-462E-ADAD-56C6BBB94406_4_5005_c

Dr. H. Antar Venus, Drs, M.A.Comm

Pelatihan dan Konsultasi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Komunikasai Kesehatan
E185AC44-2E0B-4A11-B758-F8E9BB4F7F9F_4_5005_c

Dr. Iwan Koswara, Drs., M.Si.

Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Kom. Sosial dan Pembangunan
CFE75B75-B9EA-45E6-970D-ABED1C597E27_4_5005_c

Dr.Rd. Funny M. Elita, Dra., M.Si

Komunikasi Organisasi, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Pemasaran
088AFDA0-B051-4E06-8301-9D4A2B88DE33_4_5005_c

Dr. Uud Wahyudin, M.Si

Komunikasi Kesehatan, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi dan Perubahan Sosial
522BB43F-8CD6-451C-BA91-7417B870AA6A_4_5005_c

Dr. Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom

Komunikasi Massa, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi dan Perubahan Sosial
4F9D4924-4D1C-4A88-9837-52A79D8AF25F_4_5005_c

Teddy Kurnia Wirakusumah, Drs., M.Si.

Komunikasi Visual, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Pemasaran
94F142BE-4735-4A37-9D54-E7B2EEF7DA4D_4_5005_c

Dedi Rumawan Erlandia, S.Sos.,M.Si

Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Bisnis
07F3E2B7-F08B-4A4E-AD89-9A21063F8A86_4_5005_c

Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si

Komunikasi Pemberdayaan Komunikasi Pemasaran Teknologi Komunikasi
0A14D57F-C819-4689-9292-72018D976C6B_4_5005_c

Dr. Ira Mirawati, S.Sos., M.Si

Pelatihan dan Konsultasi Komunikasi, Media dan Komunikasi Pendidikan, Komunikasi Pemberdayaan
5BA59603-C89F-4DD4-BEBD-142800CC42F9_4_5005_c

Subekti W Priyadharma, S.Sos., MA

Komunikasi Pembangunan, Internet dan Perubahan Sosial, Kajian Komparasi Media
F644D816-C33E-4D8B-AC2E-538216EFCCCD_4_5005_c

Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom

Komunikasi Lingkungan, Komunikasi Pemberdayaan, Komunikasi dan Promosi Kesehatan, Pemasaran Sosial
7B4DBE25-261C-45F8-A174-781BBB65E5D6_4_5005_c

Detta Rahmawan, S.I.Kom., MA.

Kajian Media dan Budaya, Media Sosial, Budaya Digital
B7526D2A-050F-4017-A360-D34DE9DC0BBD_4_5005_c

Putri Trulline, S.I.Kom, M.I.Kom

Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Organisasi