Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Manajemen Produksi Media dan mampu bersaing di tingkat nasional, regional, maupun internasional pada tahun 2024.

Misi

  1. Menyelanggarakan pendidikan bidang manajemen produksi media pada jenjang D4 yang berkualitas, profesional, dan beretika.
  2. Mengembangkan riset terapan guna menopang pendidikan terapan dan teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat pada umumnya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan mampu menyelesaikan masalah dalam bidang Manajemen Produksi Media.
  4. Melaksanakan manajemen pendidikan terapan dengan mengutamakan prinsip penjaminan mutu (quality assurance) yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.

 

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Program Studi

Tujuan Program Studi D IV Manajemen Produksi Media adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan komunikasi terapan yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.
  2. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing internasional dan sesuai. dengan tuntutan lapangan kerja dalam bidang komunikasi terapan.
  3. Memperkuat dan mengembangkan jaringan kelembagaan ilmu komunikasi terapan dengan PTN dan PTS di tingkat nasional dan internasional.
  4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan  akademik dan fasilitas penunjangnya.
  5. Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang mumpuni baik secara jasmani dan rohani.
  6. Mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui peningkatan kuantitias dan kualitas kegiatan kemahasiswaan.

 

Kompetensi Lulusan Program Studi D IV

 Program Studi Diploma IV Manajemen Produksi Media menghasilkan lulusan yang :

  1. Mampu menyusun dan menghasilkan produksi aneka program media elektronik dan media cetak.
  2. Memiliki kemampuan mengoperasikan master kontrol ruang siaran.
  3. Memiliki kemampuan menjadi pengarah program media siaran radio dan televisi.
  4. Memiliki kemampuan menjadi spesialis riset produksi media.
  5. Memiliki kemampuan menjadi Pro

Profil Lulusan

  • Media Content Spesialist
  • Media Digital Spesialist

 

Capaian Pembelajaran

Kemampuan (Keterampilan Khusus Sarjana Terapan Produksi Media) 
  1. Mampu merencanakan, memproduksi, dan mengevaluasi  konten  media   konvergensi (mengumpulkan data, menuangkan ke dalam program, dan menyajikan).
  2. Mampu menerapkan Ilmu Komunikasi, dan prinsip-prinsip  produksi media ke dalam prosedur, proses dan sistem atau metodologi konten media (Media Content) untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konten media.
  3. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan, melakukan penelusuran, referensi, standar, data base, menganalisis serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konten media dengan memperhatikan lingkungan sosial, ekonomi, budaya dan teknologi.
  4. Mampu memilih sumberdaya  yang mendukung pengembangan konten media berdasarkan prinsip-prinsip riset dan analisis serta metode yang tepat.
  5. Mampu meningkatkan kinerja di bidang konten media yang mengacu pada hasil riset, audit, dan evaluasi kinerja
Pengetahuan
  1. Menguasai teknik pengumpulan bahan/data, menguasai berbagai macam teknik pembuatan konten media, menguasai berbagai software terkait dengan pembuatan konten media, mampu melakukan evaluasi terkait konten media, mengetahui berbagai karakteristik media.
  2. Menguasai konsep teoritis komunikasi, aplikasi teori media massa, prinsip-krinsip konten media, sains media production, serta perancangan media production yang diperlukan untuk analisis sistem, proses produksi dan aplikasi.
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan  sistem konten media, proses produksi konten media, serta penggunaan teknologi pada tataran praktis
  4. Menguasai teknologi dan software di bidang rekayasa konten media
  5. Menguasai pengetahuan tentang aturan dan dasar hukum yang berkaitan dengan konten media
  6. Menguasai perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang konten media
  7. Menguasai perkembangan bisnis media, serta  aspek-aspek yang menunjang perkembangan bisnis media baik dalam perspektif mikro maupun makro.
  8. Menguasai ilmu pengetahuan tentang riset ilmiah di bidang pengembangan konten media, baik media elektronik, media cetak, maupun media online.

 

 

WhatsApp Image 2019-10-26 at 12.10.17 AM

Dr. Dian Wardiana Sjuchro

Komunikasi Massa/Regulasi Penyiaran
Eni Maryani

Dr. Eni Maryani

Komunikasi Massa/Media Massa
Kismiyati Elkarima

Dra. Kismiyati El Karimah M.Si

Komunikasi
WhatsApp Image 2019-11-24 at 00.35.02

Dr. Edwin Rizal M.Si

Komunikasi
WhatsApp Image 2019-11-24 at 00.37.45

Dra. Kokom Komariah, M.Si

Komunikasi
WhatsApp Image 2019-11-24 at 00.21.59

Efi Fadilah, S.Sos, M.Pd

Teknologi Komunikasi Media