Program D3 PAKT Fikom Unpad Adakan Uji Kompetensi Mahasiswa

 
Wakil Dekan 1 bersama para penguji dari organisasi profesi. (foto Ist).

Wakil Dekan 1 bersama para penguji dari organisasi profesi. (foto Ist).

JATINANGOR – Dalam upaya mengukur kemampuan atau keahlian mahasiswa calon lulusan dari berbagai peminatan, Program D3 PAKT Fikom Unpad, Sabtu (13/12) menyelenggarakan Uji Kompetensi untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa yang didasarkan pada nilai-nilai kualitas secara obyektif, di kampus Fikom Unpad Jatinangor.

 

Uji Kompetensi bagi mahasiswa D3 Fikom Unpad ini melibatkan asosiasi profesi sehingga dapat mewakili bidang ilmu yang dipelajari mahasiswa pada tingkat lapangan atau dunia kerja. “Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan simulasi tentang praktik dalam dunia kerja sekaligus mengukur kompetensi mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh asosiasi profesi tersebut” ujar Kaprodi D3 Fikom Unpad, Dr Dadang Sugiana MSi.

 

Kaprodi dan Sekretaris Kaprodi D3 memberikan pengarahan kepada Tim Penguji. (Foto AB).

Kaprodi dan Sekretaris Kaprodi D3 memberikan pengarahan kepada Tim Penguji. (Foto AB).

Peserta uji kompetensi ini adalah para mahasiswa semester 5, yaitu mahasiswa angkatan 2012, yang secara umum telah menempuh hampir semua matakuliah wajib yang dibebankan kepada mereka sebelum melaksanakan praktek kerja lapangan dan penulisan laporan tugas akhir.
Kegiatan ini diikuti oleh 218 mahasiswa dari 5 peminatan di D3 PAKT, yaitu Penyiaran, Kehumasan, Komunikasi Bisnis, Periklanan serta Informasi dan Perpustakaan. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fikom Unpad ini dihadiri oleh penguji dari berbagai Asosiasi Profesi yang bekerja sama dengan Program D3 PAKT Fikom Unpad, yaitu PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional), Perhumas (Persatuan Hubungan Masyarakat), AMA (Asosiasi Manajemen Indonesia), P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) dan IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia).
Uji-Kompetensi-edit-1Dengan kegiatan Uji Kompetensi ini,setiap lulusan Sub Program yang terdiri dari: Penyiaran, Kehumasan, periklanan, Komunikasi bisnis serta Informasi dan Perpustakaan, diharapkan memiliki kemampuan dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu mengisi peluang kerja di lembaga atau masyarakat yang membutuhkan tenaga kerja bidang-bidang komunikasi. (Edwin Rizal).