Program Magister Fikom Unpad Gelar Seminar Nasional Macom II 2018

 

JATINANGOR – Program studi Magister Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menggelar Seminar Nasional Magister Communication (Macom) yang bertajuk ‘Connecting Research of Media, Culture, Technology toward Comprehensive Communication Inight’ pada Kamis, (8/8/2018) bertempat di Ruang Oemi Abdurrahman, Gedung Fikom Unpad, Jatinangor.

Acara seminar nasional ini diikuti oleh 87 pemakalah dari berbagai universitas, di antaranya Unpad, UPI, BSI, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), hingga yang terjauh berasal dari Universitas Halu Oleo, Kendari.

“Artikel yang masuk sebenarnya lebih dari 87 tetapi karena kami menggunakan standar tertentu yang diterima hanya 87. Semoga saja seminar seperti Macom ini terus ada di tahun-tahun berikutnya,” ujar Ketua Pelaksana, Alwan Husni Ramdani.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Prodi Magister Fikom Unpad, Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M.Si mengatakan bahwa  seminar ini sejatinya adalah suatu kewajiban yang diberlakukan untuk mahasiswa magister Fikom Unpad.

“Tetapi tidak hanya itu, semoga seminar ini bisa memberikan pengalaman riset dan mampu bertukar gagasan dari berbagai pemakalah yang lain untuk memperkaya wawasan kita semua,” ujarnya.

Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si saat membuka acara Macom mengatakan bahwa acara seperti ini dapat digunakan sebagai saran untuk memahami gagasan dan ide-ide baru yang dikemukakan oleh pemakalah-pemakalah.

“Ini seperti pengayaan bagi kita, sebagai upaya peningkatan kualitas research kita,” tandasnya.

Selain itu, Seminar Nasional Macom II ini juga menghadirkan Prof. Dedy Mulyana MA., Ph.D. sebagi Keynote Speaker yang membawakan materi berjudul ‘Media Sosial Berkah atau Laknat’.

Dalam pemaparannya, Prof. Deddy Mulyana menjelaskan tentang fenomena perkembangan media digital, dalam hal ini media sosial yang bisa dilihat dari sisi positif dan negatifnya.

“Untuk itu, kita seharusnya menjadikan media sebagai alat untuk menjangkau orang lebih banyak, khususnya kita sebagai akademisi bisa menjadikan media untuk menebar inspirasi dan motivasi,” pungkasnya. (RA&FAU)

Tags:

Profil Mahasiswa

Dua mahasiswi FIKOM UNPAD Berpartisipasi Sebagai Delegasi Univeristas Padjadjaran Dalam Program “Harvard National Model United Nations 2019”

March 21, 2019

Dua mahasiswi FIKOM UNPAD Berpartisipasi Sebagai Delegasi Univeristas Padjadjaran Dalam Program “Harvard National Model United Nations 2019”
Dua mahasiswi FIKOM UNPAD, Ashila Nafisaputri (Hubungan Masyarakat) dan Cassandra Ethanya (Hubungan Masyarakat) berpartisipasi sebagai

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu